PUSKESMAS TURI

11 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping

“Obat asam urat alami lebih sering dipilih karena dapat membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping. Beberapa diantaranya ceri asam, jahe, seledri, hingga menerapkan gaya hidup yang seimbang."

11 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang menyakitkan. Meskipun banyak obat asam urat yang dijual bebas yang bisa meredakan penyakit tersebut, beberapa orang lebih memilih obat asam urat alami.

Alasannya, obat ini lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Apa obat alami untuk asam urat yang ampuh? Mau tahu apa saja,berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Asam Urat Alami

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat: 

1. Ceri atau jus ceri asam

Menurut studi pada jurnal Hindawi yang berjudul Effectiveness of Cherries in Reducing Uric Acid and Gout: A Systematic Review, mengonsumsi ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada pengidap asam urat.

Meski begitu, masih perlu studi lebih lanjut untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat. 

Buah ceri mengandung anthocyanin, antioksidan, senyawa anti-inflamasi yang memberi warna merah.

Senyawa tersebut juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan ceri sebagai camilan atau jus tanpa pemanis tambahan. 

2. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan. Khasiatnya untuk membantu mengatasiasam urat juga sudah tercatat.

Menurut studi berjudul Benefit of Red Ginger (Zingiber officinale Roscoe) against Levels of Uric Acid yang dipublikasikan di jurnal Agromedicine, jahe merah memiliki volatile oil dan non-volatile oil yang dapat menurunkan kadar asam urat darah. Selain itu, jahe merah dapat meredakan nyeri oleh karena penghambatan pada jalur siklo oksigenase sehingga prostaglandin dapat dihambat.

Bila kamu ingin mencoba obat asam urat alami ini, rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. 

Kamu juga bisa meminum air rebusan jahe. Caranya rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Minum 3 cangkir sehari.

3. Cuka sari apel, jus lemon dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat. Bila ketiganya kamu gabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuatnya, campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Lalu, tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari.

4. Seledri atau biji seledri

Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran ini sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. 

Menurut jurnal ilmiah berjudul Efektifitas Air Rebusan Daun Seledri Terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia di Posyandu Lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara yang dipublikasikan di Borneo Student Research, seledri bisa mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat. 

Cobalah makan banyak seladri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya. Bila kamu membeli ekstrak atau suplemen seledri, ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan untuk mengonsumsinya.

5. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Menurut jurnal ilmiah berjudul Role of Vitamin C in Prophylaxis and Treatment of Gout—A Literature Review yang dipublikasikan di MDPI Journal, memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat mencegah perkembangan dan kekambuhan asam urat.

Orang dengan penyakit ginjal perlu menanyakan dulu pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C tersebut. Perlu kamu ketahui juga, vitamin C juga bisa meningkatkan penyerapan beberapa jenis zat besi dari makanan, sehingga pengidap hemokromatosis tidak boleh mengonsumsinya.

6. Minum banyak air

Ketika seseorang mengidap asam urat, biasanya terjadi pembengkakan dan peradangan. Salah satu cara mengurangi gejala tersebut yaitu dengan minum banyak air.

Sebab, meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk mengeluarkan cairan berlebih, sehingga pembengkakan pada pengidap asam urat dapat berkurang. 

Perlu kamu ketahui, air putih merupakan jenis cairan yang terbaik. Namun, cairan bening lainnya, yaitu kaldu dan teh herbal, juga termasuk pilihan yang baik.

Sementara itu, pengidap harus menghindari minum alkohol dan soda, yang mengandung banyak purin. 

Namun, jika kamu memiliki kondisi gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal, sebaiknya tanyakan pada dokter sebelum menambah asupan cairan. 

7. Mengurangi stres

Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun sulit untuk mengatasi semua sumber tips, beberapa tips berikut dapat membantu, yaitu:

  • Berolahraga jika rasa sakit tidak membatasi gerakan.
  • Ambil cuti dari pekerjaan.
  • Menulis jurnal atau membaca buku favorit.
  • Bermeditasi.
  • Beristirahat yang cukup.

8. Menerapkan pola makan seimbang

Cara ini juga bisa kamu lakukan sebagai obat asam urat alami. Pola makan seimbang, yaitu mengandung berbagai makanan padat nutrisi.

Jenis makanan tersebut dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko seseorang terkena asam urat. 

Selain itu, pola makan nabati (berasal dari tumbuh-tumbuhan) juga sangat bermanfaat bagi pengidap asam urat.

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran kaya antioksidan, dapat membantu mengurangi peradangan. 

9. Mengompres dengan air hangat

Pastikan kamu mengompresnya dengan air yang tidak terlalu panas, untuk menghindari iritasi kulit. Selain itu, lakukan peregangan sambil berjemur di matahari pagi untuk mengatasi dan mencegah asam urat.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Vitamin D supplementation is associated with serum uric acid concentration in patients with prediabetes and hyperuricemia, dalam Journal of Clinical and Translational Endocrinology, kadar vitamin D yang baik dalam tubuh dapat menekan tingkat konsentrasi asam urat. Mendapatkan sinar matahari pagi dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D.

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang pilihan obat asam urat alami tanpa efek samping. Hanya saja, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat atau keefektifan obat-obat alami di atas. 

10. Hibiscus atau kembang sepatu

Kembang sepatu adalah salah satu jenis bunga yang kerap ditemui di taman. Selain cantik secara visual, bunga ini juga dikembangkan sebagai teh dan obat herbal tradisional. Teh kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat. 

11. Apel

Apel mengandung asam malat yang dapat menurunkan asam urat. Namun, belum ada penelitian yang mendukung hal ini untuk asam urat. Apel juga mengandung fruktosa, yang dapat memicu hiperurisemia, yang menyebabkan serangan asam urat.