Akses Layanan Kesehatan Mudah Dengan Aplikasi Mobile JKN

Posted By Operator Puskesmas Karangpilang | 27 Juli 2022


Surabaya, Jamkesnews –  Aplikasi Mobile JKN yang diperkenalkan BPJS Kesehatan sejak beberapa tahun silam sudah semakin disempurnakan hingga saat ini telah banyak membantu mempermudah peserta JKN dalam mengakses beragam fitur pelayanan kesehatan. Fenny Maretania, salah satu tenaga kesehatan di Klinik Pratama Jemursari Empat Surabaya adalah pengguna setia Aplikasi Mobile JKN sejak awal diperkenalkan kepada publik.

“Dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, berobat ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah dan nyaman. Saya cukup memilih antrean online yang merupakan salah satu fitur layanan Aplikasi Mobile JKN, maka saya tidak perlu menunggu berlama-lama di faskes,” tutur Fenny.

Fenny yang berprofesi sebagai dokter gigi ini menceritakan bahwa ia juga sering menggunakan fasilitas kesehatan dari Program JKN untuk berobat, khususnya untuk penyakit hipertensi yang diidapnya. Ia pun secara rutin melakukan kontrol dan mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk penyakitnya itu, dimana dalam program tersebut, pasien dipantau secara berkala dan diberikan edukasi kesehatan.

“Saya juga mudah mendapatkan obat rujuk balik setiap bulan melalui faskes. Pelayanan yang kami dapatkan sangat memuaskan, tidak ada perbedaan antara pasien umum maupun pasien peserta JKN dan kami dilayani dengan baik,” jelas Fenny.

Fenny pun menjelaskan bahwa kebutuhan layanan kesehatan yang tidak mengganggu aktifitas pekerjaannya, menjadi dasar pilihannya menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Karena ia cukup mengakses fitur layanan yang dibutuhkannya melalui ponsel miliknya.

“Bagi saya, aplikasi ini lebih mewakili keperluan kontrol dan berobat secara mudah. Termasuk keberagaman fitur-fiturnya, mulai dari kartu peserta KIS Digital yang memudahkan kita apabila datang ke faskes lupa tidak membawa kartu fisik, kemudian perubahan faskes apabila kita ingin pindah faskes, lalu informasi ketersediaan ranjang rumah sakit maupun lokasi faskes yang ada disekitar kita,” tambah Fenny.

Selama menjadi pengguna Aplikasi Mobile JKN, Fenny mengaku sangat puas dan terbantu atas kehadiran aplikasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan ini. Terlebih lagi saat ini Aplikasi Mobile JKN telah menyediakan fitur pendaftaran online ke faskes maupun rumah sakit, hal ini membuat prosesnya menjadi lebih mudah tanpa harus ribet mengantre.

“Saya melihat bahwa setiap tahun BPJS Kesehatan selalu berinovasi untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan. Harapan saya, kedepannya akan muncul inovasi-inovasi baru yang akan memudahkan pelayanan kesehatan bagi peserta, bahkan di daerah terpencil sekalipun, agar pemberian layanan kesehatan dapat merata bagi seluruh penduduk Indonesia,” pungkas Fenny. (rn/ws)