DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

EVALUASI KELEMBAGAAN PEMERINTAH, DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN ADAPTASI STRUKTUR ORGANISASI YANG DINAMIS

LAMONGAN - Sebagi upaya mewujudkan organisasi yang tepat fungsi, tepat proses, dan tepat ukuran, tersebut maka dilakukanlah evaluasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan, siang tadi (Selasa, 22/11/2022) di Lantai 7 Ruang Gajah Mada Pemkab Lamongan.

Evaluasi dilakukan mengingat tantangan kedepan yang semakin berat, sehingga perlu adanya gambaran apakah organisasi kelembagaan yang ada saat ini telah dinamis responsif atau belum dengan tantangan tersebut. Secara ideal struktur organisasi harus bersifat dinamis sebagai konsekuensi dari adaptasi terhadap dinamika perubahan lingkungan internal dan eksternal. Struktur organisasi yang baik adalah yang mampu beradaptasi secara responsif maupun antisipatif terhadap tuntutan perubahan lingkungan.

Pada acara tersebut dilakukan desk secara one by one atau satu persatu pada tiap OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan turut hadir sebagai peserta giat Evaluasi tersebut.

Secara teknis, evaluasi dilaksanakan dengan mempergunakan Google Spread Sheets untuk menjawab dan menyetujui beberapa pertanyaan kuesioner yang terkoneksi secara langsung kepada Konsultan/ Narasumber. Pertanyaan tersebut beberapa diantaranya adalah kesesuaian design organisasi yang ada saat ini dengan Peraturan perundang-undangan, kesesuaian Jumlah Jabatan, efisiensi dan efektivitas tugas & fungsi jabatan-jabatan, standardisasi pelayanan publik, kewenangan pengambilan keputusan, sistem manajerial Kepegawaian, kerjasama lintas bidang, rancangan arsitektur penerapan teknologi informasi, publikasi website organisasi, dan lain-lain.

Pada akhir Evaluasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan dari sisi struktur dan proses, "Organisasi dinilai tergolong sangat efektif, Struktur dan proses organisasi yang ada dinilai mempunyai kemampuan sangat tinggi untuk mengakomodir kebutuhan internal organisasi dan sangat mampu beradaptasi terhadap dinamika perubahan lingkungan eksternal organisasi"


#Semangat_Membangun_Desa