DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

PMII IAI TABAH LAMONGAN BERKUNJUNG KE DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN, ADA APA YA?

LAMONGAN – Kemarin Rabu (14/06/2023) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan kedatangan tamu dari PMII IAI Tabah Paciran Lamongan. Kedatangan mereka ke Kantor Dinas PMD Kabupaten Lamongan untuk melakukan study terkait pengelolaan sumber dana yang ada di Desa misalkan Dana Desa dan semacamnya.

Berikut ini adalah beberapa point konsultasi study dari Tim PMII IAI Tabah Paciran Lamongan yang disampaikan langsung kepada Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan dan didampingi Kabid Pengelolaan Keuangan, Aset dan Sumber Daya Desa pada saat rapat.

1. Pengembangan bagi masyarakat di pantura, bahwa dana desa digunakan sesuai dengan musyawarah desa yang dituangkan dalam APBDESa, contoh nya seperti pengembangan wisata desa di labuhan, TKP  di paciran, untuk pengembangan dan pemberdayaan bagi masyarakat.

2. Penataan jalan desa, bahwa jalan di kab.lamongan banyak yang belum terbangun,  krn di tahun 2020-2022 anggaran di kab. Lamongan terfokus pada penanganan covid dan untuk pemulihan ekonomi, dan mulai tahun 22  banyak ruas jalan kabupaten yang diperbaiki, namun tidak bisa sekaligus, perbaikkan jalan di lakukan secara berkesinambungan.

3. Pengelolaan sampah, bahwa semakin banyak nya penduduk maka tidak bisa terlepas dari persampahan, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah perlu di tingkatkan lagi, adanya pemilahan sampah,

Dari beberapa point konsultasi yang disampaikan diatas, Bapak Zamroni selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan menjelaskan bahwa, Pemerintah desa bisa mengalokasikan sarana dan prasarana terkait dengan sampah, pembuatan tempat sampah dari dana desa. Sebagai Dampak dari munculnya pembangunan industri dan permasalahan limbah bahwa perkembangan industri yang semula di Surabaya dan gresik kemudian bergeser ke Kabupaten Lamongan di pantura utara.