DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

[REPORTASE] CELENGAN : KEAJAIBAN SEDEKAH

Read Aloud atau membaca nyaring adalah membacakan anak buku cerita dengan suara nyaring dan jelas. Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook. Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling  efektif untuk anak-anak. Tapi bagaimana kalau Read Aloud dengan menerapkan bilingual? Pastinya lebih seru dan menarik. Anak-anak dapat mengenal dua bahasa. Yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kamis, 28 April 2022 melalui Live instagram @arpusdalamongan Celengan hadir bersama kak Rian dan bunda Siti Ulfa dari TK Miftahul Ulum, Menganti Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Judul cerita yang dibawakan yaitu Keajaiban Sedekah. Kak Rian dan bunda Siti menerapkan bilingual pada buku cerita pada hari ini.

Keajaiban Sedekah menceritakan pengalaman Yazqi pergi ke Pasar Baru bersama ibu. Yazqi melihat seorang nenek dengan berpakaian lusuh, Yazqi lalu meminta izin kepada ibunya untuk memberikan sedekah kepada nenek tersebut. Tidak lama ibu Yazqi kecopetan, dompet uangnya dibawa lari pencopet. Tapi dengan sigap orang-orang di pasar menangkap pencopet itu dan dompet ibu Yazqi kembali. Karena sebelumnya Yazqi telah bersedekah, dompet ibu Yazqi tidak jadi hilang.

Bunda Siti selain membaca juga berbagi pengalaman tentang bagaimana saat harus mengajar secara daring karena adanya Pandemi Covid-19. Selain itu Celengan hari ini ada Kak farah dari SD Miftahul Ulum Glagah yang ikut bergabung bersama.