BAGIAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

KEGIATAN SAFARI BULAN RAMADHAN 1445 H / 2024 M KEEMPAT DI KECAMATAN SARIREJO

Lamongan, 02 April 2024

Acara pelaksanaan agenda Safari yang keempat dan menjadi kegiatan terakhir di bulan suci Ramadhan Tahun 1445 H/ 2024 M terlaksana di Masjid Al- Abror Desa Simbatan Kecamatan Sarirejo pada hari selasa tanggal 2 april 2024 berjalan dengan lancar. pada acara tersebut di hadiri oleh Bapak Bupati Lamongan dan Wakil Bupati beserta jajaran Forkopimda, jajaran kepala OPD, dan pengurus MUI Kab. Lamongan , Pengurus Baznas Kab. Lamongan. pada acara terebut Kepala Bagian Kesejahteraan beserta Pejabat Fungsional dan Staf Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lamongan turut hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Jelang Idulfitri, Pak YES Ajak Masyarakat Perkuat Kerukunan

Menjelang perayaan Idulfitri 1445 H, Bupati Lamongan mengajak masyarakat untuk senantiasa memperkuat kerukunan. Hal tersebut beliau sampaikan pada Safari Ramadan, Selasa (2/4), di Masjid Al-Abror Desa Simbatan, Kecamatan Sarirejo, yang merupakan Safari Ramadan terakhir pada 2024, setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Mantup, Bluluk, dan Laren.

Menurut Bupati YES, persatuan masyarakat adalah hal yang penting. Seperti pada 3 tahun kepemimpinannya, meski melalui berbagai tantangan, tetapi berkat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dan kerjasama setiap elemen masyarakat, setiap permasalahan dapat diatasi dengan baik.

“Oleh karena itu, mari kita jaga terus kerukunan. Bila kerukunan dan kesatuan terjaga, kemajuan akan dapat terwujudkan lebih baik,” sambung Pak YES.

Pembangunan kerukunan di masyarakat tak lepas dari penguatan keluarga sebagai struktur masyarakat terkecil. Melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemkab Lamongan menghadirkan layanan konsultasi keluarga yang ramai dikunjungi masyarakat pada Safari Ramadan ini. Layanan yang disediakan di antaranya adalah pelayanan Konseling KB semua metode, pelayanan pendampingan pencegahan stunting pada keluarga berisiko stunting (KRS), dan pelayanan alat kontrasepsi sederhana, yaitu pil dan kondom.

Disampaikan oleh Korwil Balai Penyuluhan KB Kecamatan Sarirejo, Enik Irawati, terdapat 16 orang yang mendapatkan layanan pada Safari Ramadan kali ini. Rincian layanan yang didapatkan di antaranya 2 orang melakukan konsultasi KB steril, 1 Pasutri melakukan konseling kesehatan reproduksi, sedangkan sisanya adalah akseptor pil dan kondom.

“Masyarakat sangat tertarik dengan kontrasepsi kondom dan pil gratis, tidak perlu datang jauh-jauh ke kecamatan. Pasangan Usia Subur (PUS) dengan anak banyak juga bisa konseling dengan puas dan mau ikut MOW (Metode Operasi Wanita). Sedangkan calon pengantin jadi mengerti tentang kesehatan reproduksinya,” terang Enik.

Semoga kegiatan seperti ini bisa teragenda setiap tahun nya oleh pimpinan Kabupaten Lamongan.