Akses Jalan di Beberapa Desa di Wilayah Kecamatan Turi Tergenang Lagi

Posted By Kecamatan Turi | 17 Februari 2023

Turi - Akses jalan Desa Putatkumpul, Kemlagilor, Gedongboyountung , Balun dan Desa Bambang Kecamatan Turi kembali tergenang air kemarin (17/2/23). Pengamatan ketinggian air sekitar 10 centimeter (cm). Padahal, genangan air sempat surut selama seminggu. Salah satu warga Dusun Baru, Desa Kemlagilor Isnandar menuturkan, genangan air akibat hujan deras Rabu malam (15/2). Menurut dia, banjir ini aliran airnya cukup deras dari Selatan. ‘’Sepertinya airnya berasal dari daerah Sugio dan wilayah Selatan, akibat hujan deras tadi malam (Rabu malam),” terangnya .

Akses jalan ini menjadi langganan banjir. Menurut warga, banjir sudah sempat surut dan jalan sudah kering. Namun hujan deras yang turun hingga malam hari, membuat akses jalan kembali terendam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan Gunadi menuturkan, luberan air yang terjadi akibat hujan deras yang intensitasnya tinggi dan menyeluruh di Lamongan. Sehingga air dari selatan, barat, dan timur menuju ke Bengawan Jero.

Camat Turi menjelaskan, sejumlah usaha telah dilakukan oleh semua pihak untuk menurunkan dan mengurangi debit air. Termasuk menerjunkan empat pompa air di Kuro dengan maksud dapat menurunkan dan mengurangi debit air. " Semoga hari ini tidak (turun) hujan, sehingga banjir cepat surut" ucap Camat Turi .

"Selain karena curah hujan, banjir yang terjadi di beberapa Desa dengan potensi banjir juga disebabkan oleh letak Topografi Desa tersebut . Saat ini giat kerja bakti gotong royong terus dilakukan dengan membuat tanggul-tanggul darurat untuk antisipasi adanya hujan susulan, semoga banjir segera teratasi" pungkas Camat Turi Bambang Purnomo .