PUSKESMAS TLOGOSADANG

PENCANANGAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL

Puskesmas Tlogosadang, pada tahun 2022 pemerintah menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak. hal ini disebabkan saat pandemi covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap. pada tanggal 1 agustus 2022 puskesmas tlogosadang bersama kantor kecamatan paciran, polsek paciran, koramil paciran, dan jajaran yang terkait melakukan pencanangan BIAN di Desa Weru, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah kegiatan pemberian tambahan campak-rubela dan pemberian imunisasi kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. vaksin apa saja yang berikan pada saat BIAN adalah vaksin Campak-rubela, vaksin polio (OPV dan IPV), dan vaksin Pentavalent (DPT-HB-Hib). semua vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi WHO dan izin dari BPOM dan efektif untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Gejala-gejala yang akan terjadi setelah anak diberikan imunisasi yaitu demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri di tempat pemberian imunisasi adalah reaksi normal yang akan menghilang dalam 2-3 hari. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius sangat jarang terjadi.

aplikasi pemberian pada anak terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dengan dampak yang ditimbulkan di masa depan.