PUSKESMAS LAREN

Pertemuan Pembentukan Desa Siaga Aktif di Desa Mojoasem Kecamatan Laren


LAREN-Masalah kesehatan di masyarakat desa sangat beragam dan untuk pengobatannya membutuhkan biaya yang sangat besar, juga menyita waktu dan tenaga keluarga terdekat kita. Untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan di masyarakat desa, maka dibentuklah desa siaga.
Pada tanggal 10 Nopember 2015, di desa Mojoasem Kec. Laren diadakan Pertemuan Pembentukan Desa Siaga Aktif Binaan yang dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Mojoasem Bapak Kasbari, Perangkat Desa, Ibu Kader Kesehatan dan Bidan Desa. Penyampaian materi oleh dr. Heny Puspitasari selaku dokter kedua UPT Puskesmas Laren dan Bapak Hinlub selaku Petugas Promkes UPT Puskesmas Laren.
Melalui desa siaga diharapkan masyarakat bisa mandiri dalam mencegah timbulnya penyakit. Adapun dana untuk desa siaga didapatkan dari iuran setiap kepala keluarga yang dikoordinir oleh Petugas yang ditunjuk oleh desa melalui SK Kepala Desa. Pemanfaatan dana tersebut untuk pencegahan penyakit dan mengantar masyarakat yang sakit ke fasilitas kesehatan terdekat, sehingga tercapai masyarakat desa yang sehat dan mandiri.