DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di Kabupaten Lamongan


Pada hari ini, Senin 24 Juli 2023 bertempat di Wisata Waduk Gondang, Kecamatan Sugio, Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di Kabupaten Lamongan berlangsung. Tahun ini Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) mengambil tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting, untuk Indonesia Maju”.


Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 30 di Kabupaten Lamongan diawali dengan beberapa kegiatan diantaranya pelayanan KB gratis untuk masyarakat, lomba yel – yel bagi Kader PPKBD/Sub PPKBD/TPK, lomba KIE kelompok dan pameran produk UPPKA. Pada kesempatan ini drg. FIDA NURAIDA, M.Kes selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan menyatakan bahwa puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) dihadiri oleh lebih dari 1.700 orang yang terdiri dari Kader PPKBD, Kapolsek, Danramil, Kades se Kabupaten Lamongan, Ormas dan Organisasi profesi. Pelayanan KB sebanyak 5 akseptor implant, 30 akseptor suntik.


Selain itu, guna menurunkan angka stunting di Kabupaten Lamongan, dilakukan Launching Gerakan Seribu Telur Peduli Stunting. Kegiatan ini berupa pemberian bantuan telur dan bahan pangan pokok kepada balita / baduta stunting secara simbolis kepada 10 keluarga, dan dilanjutkan pemberian bantuan ATTG (Alat Teknologi Tepat Guna) kepada 3 kelompok UPPKA. 

Beberapa penghargaan juga diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Lamongan terhadap unsur pelaksana penyelenggara Program Bangga Kencana diantaranya yaitu, pemberian penghargaan terhadap Kader PPKBD dengan masa bhakti diatas 30 Tahun, PKB dengan masa bhakti terlama dan beberapa penghargaan bagi kecamatan dengan capaian angka stunting tertinggi dan terendah. Sebelumnya dilakukan penanda tanganan nota kesepahaman/MOU antara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dan Kementrian Agama Kabupaten Lamongan. Kemudian diberikan hadiah kepada kampung KB Desa Deketagung Kecamatan Sugio sebagai juara 2 lomba kampung KB Tingkat Jawa Timur kategori penguatan pengelolaan kampung KB Tingkat Provinsi. Di Tingkat Kabupaten sebagai evaluasi terhadap keberadaan kampung KB yang telah terbentuk sebelumnya diberikan penghargaan kepada kampung KB Desa Balungtawun Kecamatan Sukodadi. 

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, MBA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Keluarga Nasional ini mendapat kado istimewa yaitu penghargaan I Bangga Awards dan penghargaan Kabupaten Layak Anak. Di Kabupaten Lamongan telah terbentuk sebanyak 474 keluarga berkualitas. Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut dari instruksi Preside Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan kampong berkualitas dan ditindak lanjuti dengan diterbitkannya instruksi Bupati Lamongan No 2 Tahun 2023 tentang optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di Kabupaten Lamongan. Tujuan pembentukan kampung KB ini untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan SDM manusia unggul dan berkarakter. Selanjutnya Beliau mengucapkan terimakasih kepada pihak yang berkontribusi dalam peringatan Hari Keluarga Nasional ke 30 Tahun 2023. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan inspirasia dalam pembangunan keluarga yang sejahtera dan berkualitas.