DINAS KESEHATAN

Peringatan HKN 2023 dan Jambore Jiwa

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023 dan Jambore Jiwa dirayakan cukup meriah di Lamongan.


Hari Kesehatan ke-59 tahun 2023 dikemas dalam beragam kegiatan diataranya, bincang santai kesehatan jiwa, pembagian sabun tangan dan pasta gigi gratis, pembagian vitamin, souvenir, pemeriksaan lab gula darah, kolesterol, serta orasi dan promosi kesehatan.


“HKN adalah momentum untuk kembali menggelorakan perilaku hidup bersih dan sehat. Semoga dengan beragam kegiatan ini masyarakat Lamongan semakin termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat. Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat," kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat membuka peringatan HKN di Alun-alun, Minggu (12/11/2023).


Yuhronur mengajak seluruh stakeholder kesehatan untuk memperkuat upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Di antaranya lebih mengoptimalkan program mal orang sehat untuk mengubah paradigma sakit menjadi paradigma sehat.


Mereka yang datang ke Puskesmas tidak saat sedang sakit saja, tapi saat sehat untuk cek dan deteksi dini. Misalnya, bagi yang memiliki risiko suatu penyakit, segera rutinkan berkonsultasi agar tidak sampai jatuh sakit.


Peringatan HKN dikemas sangat menarik. Pengunjung disuguhkan berbagai layanan kesehatan unggulan dalam pameran kesehatan di sana.


Mulai dari konsultasi kesehatan gratis, pembagian sebanyak 1000 sabun, sikat gigi, dan pasta gigi. Semua dilakukan untuk mengkampanyekan hidup sehat.


Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Herwidiah Shidayatri menjelaskan rangkaian peringatan HKN dilakukan dengan berbagai aksi sosial yang melibatkan seluruh organisasi profesi kesehatan. Mulai bakti sosial, pengobatan gratis,, aksi bersih-bersih pantai.


Tak hanya itu, Dinkes juga memberikan pelayanan pengobatan tradisional yang digelar di 32 Puskesmas. Selain itu dilaksanakan jambore kesehatan sebagai bentuk komitmen, Dinkes ingin memberikan kesehatan bagi warga Lamongan.


"Pencegahan lebih baik dari pada mengobati," katanya.


Acara ini diikuti sejumlah organisasi profesi kesehatan, seperti Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, serta Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia.


Turut hadir perwakilan instansi pendidikan kesehatan, penyedia layanan kesehatan, 32 Puskesmas dan 17 rumah sakit


#TETAPSEMANGATUNTUKMANFAAT

#LAMONGANSEHAT

#INDONESIAKUAT

#lamonganmegilan #lamongan #megilan #lamonganmenujukejayaan #dinkeslamongan #pemkablamongan #jamborejiwa2023 #hkn59