DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

WORKSHOP MENDONGENG DALAM RANGKA HARI MENDONGENG SEDUNIA DAN TEPAT GUNA LITERASI SUKSES DIGELAR DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KAB. LAMONGAN

Dalam rangka meningkatkan Tepat Guna Literasi dan Hari Mendongeng Sedunia, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan sukses menggelar Workshop Mendongeng pada hari Kamis, 16 Maret 2023. Bertempat di Aula Cendekia Lantai II Perpustakaan Kabupaten Lamongan, workshop ini dihadiri oleh 63 peserta yang terdiri dari guru SD dan guru TK/Paud dari Kabupaten Lamongan.

Kegiatan Workshop dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah. "Dongeng merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan aspek-aspek kognitif, afektif, sosial, dan aspek konatif anak-anak" adalah salah satu kalimat pembuka dari Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Beliau juga berharap melalui workshop mendongeng ini mampu menumbuhkan minat guru/pendamping anak untuk menggunakan metode mendongeng untuk anak didik.

Workshop Mendongeng kali ini mendatangkan seorang pendongeng profesional dari Surabaya, Kak Tobi.
"Dalam mendongeng dapat menggunakan berbagai macam media, tapi yang utama adalah kesiapan bercerita, cerita itu sendiri dan bagaimana menciptakan pengalaman menyenangkan bagi anak." Terang Kak Tobi.

Selain itu, Kak Tobi menjelaskan bahwa mendongeng adalah komunikasi dengan cara bercerita pada anak yang menarik dan tanpa menggurui. Dalam paparanya, Kak Tobi juga memberikan berbagai cara mendongeng yang menarik.

 

Workshop Mendongeng ini digelar secara luring dan daring yang disiarkan secara langsung melalui instagram dan Youtube Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan. Ada tiga sesi dalam acara, yaitu materi, tanya jawab dan praktik mendongeng. Praktik mendongeng secara langsung dipandu oleh kak Tobi. Para peserta sangat semangat dan antusias mengikuti workshop. Kegiatan workshop ini kemudian ditutup dengan foto bersama.