DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Study Tiru Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi D.I.Y

“Kami ingin melihat, mengetahui dan menyaksikan sendiri bagaimana kemajuan yang sudah di Capai oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta” tandas Farah Damayanti selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, pengelolaan dan pengembangan bidang kearsipan dan perpustakaan serta mengembangkan Inovasi dan Kolaborasi, pada tanggal 24 November 2022 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melakukan Studi Tiru ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta yang biasanya familiar dengan sebutan Grahatama Pustaka, yang terletak di Jl. Raya Janti, Wonocatur, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul. 

Untuk mewujudkan Tujuan dan pengembangan Kerasipan dan Perpustakaan tentunya diperlukan sebuah Inovasi serta Kolaborasi antar instasi dan elemen masyarakat. Salah satu metode dalam menggali sebuah inovasi dan kalaborasi dibidang Kearsipan dan Perpustakaan adalah dengan adanya kegiatan Studi Tiru.

Kegiatan Studi Tiru yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dipimpin langsung oleh Ibu Farah Damayanti Zubaidah selaku Kepala dinas dan di dampingi oleh bapak Abdullah Ubaid selaku Sekertaris Dinas serta Jajaran Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional, dan disambut dengan hanggat oleh Muhamad Rosyid Budiman (Kabid. P2P) dan didampingi oleh Fauziah Yulianti (Kasie. Layanan Perpustakaan Menetap, Balaiyanpus) dan Suhardo (Arsiparis Ahli Madya).

Perjamuan dan diskusi yang berlangsung di Ruang Werkudara, Gedung Depo Arsip, DPAD DIY, dalam sambutanya “Terima kasih sudah menerima kami dengan sangat baik sekali, untuk belajar dan melihat kemajuan yang sudah dicapai oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) D.I.Y, imbuh "Farah".


Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus paparan oleh Muhammad Rosyid Budiman (Kabid. P2P DPAD D.I.Y)  “Susunan Organisasi DPAD D.I.Y, dibawah Kepala Dinas ada 1 sekretaris, 4 bidang, dan 1 balai. Untuk Balai Layanan Perpustakaan memiliki tugas melaksanakan layanan bahan pustaka untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Terdapat 3 Gedung yang dikelola, diantaranya Gedung Grhatama Pustaka sebagai Perpustakaan Umum Daerah, Jogja Library Center (JLC), dan Rumah Belajar Modern (RBM), selain itu memiliki 10 titik pojok baca di Layanan Publik yang ada di Linkungan DIY”.

“Sedangkan, untuk Bidang Kearsipan, DPAD DIY memiliki program unggulan diantaranya, Layanan Arsip yang bisa diakses masyarakat umum secara terbatas, Diorama Arsip Jogja, Restorasi Arsip, Pengelolaan Arsip, dan Titip Simpan Arsip yang dimiliki OPD/ Instansi Vertikal di DIY,” ungkap Suhardo.

Diharapkan dengan pelaksanaan studi tiru yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, mendapat suatu pengalaman dan pelajaran baru, guna memotivasi sumber daya perpustakaan untuk berinovasi dalam pengelolaan Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.