DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

DUKUNG SEMANGAT LITERASI, GRAMEDIA DONASIKAN BUKU BACAAN KE DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Tingkat literasi di Indonesia sampai saat ini masih cukup rendah dibanding dengan negara lain. Banyak faktor yang menyebabkan tingkat literasi di Indonesia rendah, salah satunya adalah karena terbatasnya ketersediaan buku dan akses masyarakat pada bahan bacaan yang ingin dibaca. Melihat hal ini, CSR Gramedia Pakuwon Surabaya memberikan donasi buku ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.  

Ari, pihak Gramedia Pakuwon Surabaya mengaku terkesan dengan semangat dan geliat literasi di Kabupaten Lamongan sehingga Gramedia Pakuwon Surabaya melalui program Gerakan Literasi Nusantara - #AkuBaca memberikan bantuan donasi buku bacaan. Donasi buku tersebut untuk mendukung semangat literasi masyarakat Kabupaten Lamongan.

Penyerahan donasi buku dari CSR Gramedia Pakuwon Surabaya diwakili oleh Rizal Sales Superintendent Gramedia Pakuwon Surabaya. Donasi buku diserahkan langsung kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi pada rabu (28/9) di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan bersamaan dengan serangkaian pelaksanaan kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Lamongan.

Sales Superintendent Gramedia Pakuwon Surabaya, Rizal mengatakan bahwa budaya literasi khususnya aktivitas membaca dewasa ini tetap relevan untuk dilakukan. Dengan mengutip kalimat terkenal dari Esko Valtaoja “You are what you read”, ia menyampaikan bahwa membaca dapat membentuk pola pikir dan memberikan manfaat yang baik untuk ilmu pengetahuan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pihaknya telah menerima hibah buku sejumlah 714 judul dengan kuantitas 5.235 eksemplar buku senilai Rp. 210.842.000,- dari Gramedia Pakuwon Surabaya. Buku-buku tersebut nantinya akan dilayankan kepada masyarakat Kabupaten Lamongan melalui Pusat Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dan sejumlah perpustakaan kecamatan di Kabupaten Lamongan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Gramedia Pakuwon Surabaya yang telah menyumbangkan banyak judul buku yang menarik. Minat baca masyarakat Kabupaten Lamongan yang tinggi seyogyanya juga didukung dengan bahan bacaan yang bervariasi dan tepat guna, sementara dari sudut pandang pemerintah juga memiliki keterbatasan dalam penganggaran sehingga kami harap untuk ke depannya akan ada momen-momen seperti ini lagi," ujar Farah.

Dengan hibah buku dari Gramedia Pakuwon Surabaya ini, diharapkan minat baca dan kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Lamongan dapat meningkat.