DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PENGUMUMAN HASIL LOMBA BERTUTUR SISWA SD/MI SE-KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2022

Lamongan - Lomba Bertutur Siswa SD/MI Se-Kabupaten Lamongan Tahun 2022 yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan telah sukses dilaksanakan. Sebanyak 59 peserta siswa SD dan MI telah menunjukkan kebolehannya beraksi di hadapan para juri.

Hasilnya, peserta perwakilan dari MI PPI Bintang Sembilan Babat atas nama Talitha Iftina Syahada, sukses menjadi terbaik pertama. Ketiga Dewan Juri yang terdiri atas  Ariani Safitri, Winarti dan Fitriyah sepakat memberikan nilai tertinggi sebesar 2625, atas penampilan Talitha Iftina Syahada yang menampilkan cerita berjudul Asal Usul Tanjung Kodok.

Posisi runner-up diraih Raisa Hasna Nabila perwakilan dari SDN 3 Jetis Lamongan. Sedangkan peringkat tiga diraih Zulfah Adillah Firdaus dari SD Negeri Jagran serta peringkat empat sebagai Juara Harapan diraih Queen Aqilah Nailassyarof perwakilan dari MI Ma'arif NU Sunan Drajat Lamongan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten lamongan, Farah Damayanti Zubaidah mengatakan, kemampuan bertutur adalah hasil literasi pada tahap pemahaman dan pemaknaan yang tersurat dan yang tersirat yang diperoleh dari kegiatan membaca.

"Dari kandungan bahan bacaan berbasis konten lokal, mereka mendapatkan pesan-pesan moral ataupun keluhuran budi pekerti sebagai bagian dari warisan kekayaan Nusantara," ujar Farah, Selasa (24/5).

Sejak usia dini, tambah Farah, anak-anak perlu ditanamkan sikap saling menghormati, etika, sopan santun, rasa belas kasih, bergotong royong, menerima setiap perbedaan dan toleransi, serta sikap peduli terhadap lingkungan. Sehingga di masa depan mereka tidak hanya menjadi generasi yang cerdas dan berdaya saing, namun juga tetap memiliki kualitas akhlak yang istimewa.
Selain itu, pesan lomba bertutur ini merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca di kalangan anak-anak. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas mereka terutama kreativitas dalam membaca.

Berikut daftar pemenang Lomba Bertutur Siswa SD/MI Se-Kabupaten Lamongan Tahun 2022: