DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

[REPORTASE] WORKSHOP DONGENG DAN MEMBACA NYARING (READ ALOUD)



Salam Literasi, Literasi maju Lamongan Megilan. Itulah yel-yel yang digemakan oleh Farah Damayanti Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dalam memberikan sambutan Workshop Dongeng dan Membaca Nyaring (Read Aloud) malam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-453 dan Hari Buku Nasional Selasa (17/05/2022)

"Ada banyak manfaat dari buku selain melindungi otak tetap sehat, meningkatkan IQ, menghilangkan stres dan meningkatkan kosa kata dan membaca dapat menghindarkan dari penyakit alzheimer," tutur Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan Farah Damayanti.

Hadir juga bapak bupati Lamongan Yuhronur Effendi atau lebih dikenal dengan Pak Yes memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop. 

"Kita tahu bahwa di Lamongan ini untuk mempersiapkan generasi emas 2045, tidak hanya membangun jiwanya, kita juga mempersiapkan segala sesuatunya termasuk bagaimana fisiknya, bagaimana kekuatan tubuhnya dengan gerakan-gerakan anti stunting dan perbaikan gizi dan itu tidak akan lengkap jika kita tidak membangun jiwanya." Tutur Pak Yes.

Sebanyak 100 peserta yang hadir secara luring terdiri dari guru PAUD, TK, SD, dan MI sangat antusias mengikuti workshop dongeng dan membaca nyaring (read aloud). Selain peserta  luring, hadir juga sebanyak 370 peserta daring melalui live streaming YouTube Radio Suara Lamongan. Workshop ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan literasi di Lamongan khususnya dalam hal mendongeng dan membaca Nyaring. Selain itu sebagai pelatihan dan pendampingan guru guna meningkatkan mendongeng siswa-siswinya yang nantinya akan diikutsertakan dalam lomba Bertutur pada tanggal 24 Mei 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.

"Mendongeng tidak hanya menceritakan sesuatu tapi bagaimana membangun hubungan kedekatan kita secara nurani dengan anak-anak kita. Yang lebih penting bagaimana kita membuka imajinasi mereka lebih luas lagi dalam cakrawala pikir dan cakrawala pandangnya." Ungkap Pak Yes dalam memberikan arahan sambutan.

Pembukaan workshop dibuka langsung oleh Pak Yes kemudian dilanjutkan kegiatan Workshop Dongeng dan Membaca Nyaring (Read Aloud) dengan tema “Bersama Literasi Mewujudkan Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan” bersama Bunda Inge Ariani Safitri (Pendongeng) dan Dr. Rindrah Kartiningsih, SS., M.Si., M.Pd. Hadir juga Pak Sani yang merupakan President Elect Rotary Club Surabaya.

Dalam menyampaikan materi, Bunda Rindrah menjelaskan tentang tiga keterampilan yang harus dipelajari, yaitu kemampuan membaca, kemampuan menulis dan kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara yang dimaksud meliputi banyak hal seperti debat, pidato, dan salah satunya bercerita atau mendongeng.

"Saat anak yang akan mendongeng pastikan anak menyukai dan menguasai ceritanya." pesan Bunda Inge.

Dalam mendongeng ada beberapa unsur yang harus dipelajari. Ada unsur cerita, suara, bahasa tubuh, ekspresi dan kontak mata.

Dalam pelaksanaan workshop, para peserta sangat interaktif untuk melakukan challenge yang diberikan Bunda Rindrah dan Bunda Inge. Dengan challenge tersebut, diharapkan para peserta dapat memahami secara langsung materi yang telah disampaikan.

Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah dengan makan bersama spesial dari Dahlia Catering Lamongan.