DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

[REPOSTASE] CELENGAN : HARI LEBARAN YAYA




Kamis, 12 Mei 2022 pukul 09.00-10.00 WIB melalui live instagram Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Kak Hanafi bersama Kak Tri berkolaborasi dengan Kak Anis. Kak Anis adalah pegiat Read Aloud Lamongan.

Hari Lebaran Yaya, judul cerita yang dibawakan oleh Kak Anis. Menceritakan tentang Yaya dan kedua orangtuanya berkunjung ke rumah kakek dan nenek pada hari Lebaran. Mereka juga akan bertemu dan berkumpul bersama keluarga lainnya. Di sana Yaya banyak sekali menemukan hal yang menarik. Yaya menghitung pot bunga nenek, sepatu. Dan lebih asyiknya lagi setiap lebaran nenek Yaya memasak masakan yang lezat. Ada opor, sayur lodeh, sambal goreng kentang, rendang, semur, gudeg dan krecek. Ada juga ketupat dan jajan-jajan khas lebaran. Ada kue kastengel, lidah kucing, kue sagu, putri salju. Dan sebelum pulang nenek dan kakek memberikan Yaya uang sebagai hadiah karena puasa Yaya tidak bolong.Dalam diskusi, Kak Anis menjelaskan bahwa membaca adalah jendela dunia. Buku adalah sarana untuk membuka jendela-jendela tersebut. Tapi kebanyakan anak saat ini lebih suka dengan gawai sehingga bagaimana sebagai orang tua menjadikan gawai itu bermanfaat bagi anak. Salah satunya bisa dengan membaca buku melalui https://www.letsreadasia.org/ Di sana banyak sekali buku-buku yang bisa dibaca untuk anak sesuai jenjang umurnya dan tersedia dengan berbagai Bahasa.

Selain Kak Anis, juga bergabung Kak Ifa dari Laren yang merupakan anggota dari Real Aloud Lamongan. Kak Ifa dan Kak Anis berbagi informasi tentang manfaat membacakan nyaring atau read aloud bagi anak. Kak Anis juga menginformasikan bagi siapa yang ingin belajar dan bergabung dengan Read Aloud Lamongan bisa menghubungi beliau.