DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

KABUPATEN LAMONGAN TERIMA BANTUAN POCADI DARI PERPUSNAS RI

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan memiliki peran dalam meningkatkan literasi. Tak terkecuali bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, melalui bahan bacaan buku ilmu terapan dapat digunakan masyarakat untuk meningkatkan kualitas produknya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando dalam Gelar Wicara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat dengan tema 'Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional', yang diselenggarakan secara hybrid di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (16/04).

Lebih lanjut dikatakan, peran perpustakaan bersama dengan masyarakat membangun imajinasi, membangun kreativitas dan inovasi, untuk memulai membuat produk. Menjadi tantangan ke depan adalah meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, karena tidak semua produk akan masuk dalam perdagangan dunia. Maka pihaknya mendorong sinergi antara pemerintah daerah maupun perguruan tinggi untuk menyediakan bahan bacaan ilmu terapan yang dapat digunakan oleh masyarakat. Sesuai dengan standar UNESCO bahwa minimal tiga buku baru setiap orang setiap tahun. Namun, di Indonesia satu buku ditunggu 90 orang.

Sepakat dengan Kepala Perpusnas, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan bahwa saat ini literasi digital menjadi hal yang sangat penting. Apalagi bila dikaitkan dengan sektor UMKM yang diharapkan bisa memberi signifikansi terhadap tumbuhnya pelaku - pelaku UMKM dan start up, sehingga nantinya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jika dikaitkan dengan UMKM, UMKM di Jatim mendukung terhadap pertumbuhan Produk Domestik Regional Brito (PDRB) sebesar 57,81 persen. Meski begitu penggunaan digitalisasi masih perlu didorong lagi, karena baru 44 persen UMKM di Jatim yang menggunakan sistem digital.

Pada kesempatan yang sama, Kabupaten Lamongan mendapatkan hibah Pojok Baca Digital (POCADI) yang secara simbolis diserahkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI , Muhammad Syarif Bando kepada Wakil Bupati Lamongan,Dr. KH. Abdul Rouf, M.Ag. Mengenai bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang diberikan ke sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, Gubernur Khofifah mendorong agar pemerintah kabupaten/kota dapat mereplikasi Pojok Baca Digital (POCADI), agar dapat ditumbuh kembangkan di kecamatan – kecamatan maka proses literasi digital bisa mengdongkrak UMKM agar bisa segera melakukan transformasi digital.