DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Tiga Tahun Kepemimpinan Yes Bro

Tepat tiga tahun kepemimpinan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf menunjukkan tren positif perkembangan Lamongan.
Komitmen membangkitkan ekonomi yang terus digencarkan tentu menghadirkan pemerataan pembangunan dan harmonisasi sosial. Kebangkitan tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang positif. Pada tahun 2021 berada pada angka 3,43 dan pada tahun 2022 berada pada angka 5,56 atau diatas rata-rata Provinsi Jawa Timur dan Nasional.

Cita-cita membawa kejayaan yang berkeadilan tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026. Untuk merealisasikan kami upayakan melalui 11 program berkualitas.
Angka kemiskinan terus mengalami penurunan dari 12,53% pada 2022 menjadi 12,42% atau setara dengan 149.940 jiwa pada tahun 2023. Begitupun dengan tingkat pengangguran terbuka mampu di tekan dari angka 6,05 menjadi 5,46 di tahun 2023. Kenaikan angka dari berbagai indikator menjadi tolok ukur kesejahteraan masyarakat Lamongan. Seperti pada nilai tukar petani yang mengalami peningkatan dari 109,26 menjadi 116,05 di tahun 2023.

Melalui program prioritas jalan mantap dan alus Lamongan (Jamula) mampu meratakan pembangunan infrastruktur dan menghadirkan kelayakan dalam mendukung aktivitas sosial ekonomi masyarakat. Yangmana dapat dilihat dari indeks kepuasan layanan infrastruktur (IKLI) yang terus mengalami peningkatan dari 77,89 (baik) menjadi 79,44 di tahun 2023.

Realisasi program jamula menghadirkan infrastruktur yang handal dengan 41 ruas jalan sepanjang 23.011 m dan 11 titik jembatan sudah dibangun dalam kondisi mantap. Selanjutnya 188 ruas jalan lingkungan dan 16 pedestrian juga sudah dibangun. Tidak hanya itu infrastruktur yang kami hadirkan juga berupa palang pintu kereta api, pemenuhan ketersediaan air bersih, menambah kuota saluran rumah tangga yang teraliri air bersih, serta ketersediaan air baku untuk pengembangan sektor pertanian. Karena dengan memberikan fasilitasi terhadap bidang pertanian akan mampu mempertahankan Kabupaten Lamongan sebagai penopang ketahanan pangan tingkat provinsi maupun nasional.

Bonus demografi yang ada harus dijadikan sumber daya manusia yang berkualitas. Karena SDM berkualitas dipastikan mampu memberikan perubahan positif terhadap daerah ke depan. Pada bidang pendidikan berbagai program telah diberikan, beberapa di antaranya adalah beasiswa perintis dan penyediaan fasilitas perpustakaan baik di lingkungan pendidikan maupun pada fasilitas umum yang dapat di akses seluruh masyarakat Lamongan guna memenuhi kebutuhan akan informasi dan ilmu pengetahuan.

Segenap Keluarga Besar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan Mengucapkan Selamat dan sukses atas 3 (tiga) Tahun Kepemimpinan Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA. dan Drs. KH. Abdul Rouf, M.Ag sebagai Bupati Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan.

Terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya kepada Kabupaten Lamongan.

Semoga  terus bersinergi untuk mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan seperti yang dicita-citakan. Aamiin