DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PEDULI ARSIP GUNA MENYELAMATKAN ASET

LAMONGAN - Pada hari senin tanggal 5 Februari 2024, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan melakukan Praktek Restorasi Arsip (memulihkan/memperbaiki Arsip yang sdh rusak sehingga kembali seperti semula atau minimal mendekati aslinya) Ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Hal ini sebagai langkah preventif dan kuratif bagi arsip-arsip yang rusak diakibatkan karena faktor usia, hewan perusak (tikus, rayap, ngengat) maupun akibat bencana banjir sehingga arsip yang bernilai guna vital maupun statis dapat terselamatkan kondisinya baik fisik maupun isi arsipnya.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan yang diwakili oleh Bidang Pengelolaan dan Layanan Kearsipan diterima oleh Kepala Bidang Penyelamatan Dan Pemanfaatan Arsip Statis, Drs. Tidor Arif T.Djati, MM. Pada praktek restorasi arsip yang dipandu oleh Isnat Kusnanto selaku Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, restorasi arsip dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan dan sarana untuk restorasi arsip, seperti air aquades dan methyl cellulose untuk pembuatan lem, tissue Jepang, kertas Counqueror untuk bahan pelapis arsip. 

Selain melakukan restorasi pada arsip-arsip zaman Belanda yang fisiknya rapuh, pada prakter tersebut juga melakukan restorasi pada arsip peta atau kartografi. Dengan melakukan prakter restorasi arsip diharapkan dapat menambah wawasan dalam proses penyelamatan arsip terutama arsip yang bernilai guna tinggi.