DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

KLIPING DIGITAL : DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Klipping adalah kegiatan memotong atau menyimpan artikel, gambar, atau tulisan dari media cetak atau digital untuk disimpan atau digunakan kembali. Istilah ini sering digunakan dalam konteks menyimpan berita atau informasi penting dari surat kabar, majalah, atau situs web untuk referensi atau analisis lebih lanjut. Klipping juga bisa dilakukan secara fisik dengan memotong artikel dari koran atau majalah, atau secara digital dengan menyimpan atau menyalin konten ke dalam format elektronik seperti file teks atau gambar.

Perpustakaan adalah lembaga yang menghimpun, menyimpan, mengorganisir, dan menyediakan akses kepada berbagai jenis informasi. Ini bisa berupa buku, jurnal, majalah, tesis, disertasi, media digital, dan berbagai materi lainnya. Peran utama perpustakaan adalah memfasilitasi akses terhadap pengetahuan dan informasi bagi masyarakat umum, pelajar, akademisi, dan peneliti.

Sebagai lembaga yang menyimpan dan mengorganisir sebuah informasi, perpustakaan juga memiliki tanggung jawab kepada masyarakat atau pengguna untuk menyediakan informasi, sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan atau bahan untuk mendukung sebuah penelitian, oleh sebab itu kliping yang sampai saat ini memiliki nilai penting dan dirasa masih dibutuhkan atau dicari oleh pengguna, maka dari itu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan memiliki layanan Kliping Digital Surat Kabar.

Bersamaan dengan kemajuan teknologi informasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan memanfaatkan hal tersebut untuk menyediakan koleksi kliping secara digital yang dapat di manfaatkan para pemustaka, untuk mengakses koleksi kliping digital Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Lamongan para pemustaka dapat mengakses laman https://lamongankab.go.id/beranda/dinarpustaka/layanan/15