DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

35 PESERTA PEMILIHAN DUTA BACA DAERAH KABUPATEN LAMONGAN 2023 IKUTI SELEKSI WAWANCARA

Sebanyak 35 peserta seleksi Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2023 mengikuti seleksi tahap wawancara untuk memilih 15 peserta terbaik yang akan melaju ke tahap final. Seleksi wawancara dilakukan di Aula Cendekia lt.2 Gedung Pusat Pelayanan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Rabu (16/8).

“Kita pilih 15 peserta untuk masuk final, setelah tahapan ini nanti masih ada lagi paparan tentang visi dan misi serta esai yang sebelumnya telah dibuat peserta,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Lamongan, Achmad Karyawanto saat ditemui di tempat seleksi, Rabu (16/8).

Wawancara yang dilakukan oleh para peserta duta baca daerah mencakup pandangan calon duta baca terhadap budaya membaca di Indonesia, motivasi menjadi duta baca hingga strategi pembudayaan kegemaran membaca jika nantinya terpilih. Peserta Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2023 tidak hanya dinilai melalui penampilan yang menarik tetapi harus mampu memberikan contoh teladan kepada masyarakat Lamongan dalam membudayakan kegemaran membaca di Lamongan.

Terpisah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah yang sekaligus salah satu juri wawancara menyampaikan kriteria penilaian pada seleksi wawancara mengacu pada pedoman teknis pelaksanaan dan pemilihan duta baca daerah yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Ada tiga dewan juri yang ditugaskan untuk mewawancarai peserta Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2023. Ketiga dewan juri tersebut yakni Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan TK Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dan Akademisi Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya.

Setelah terpilih 15 peserta tahapan selanjutnya yakni seleksi tahap final. Pada tahapan ini 15 peserta diminta membuat paparan yang terdiri dari paparan terkait visi dan misi sebagai duta baca daerah serta paparan terkait esai yang telah dibuat peserta yang dipaparkan oleh masing-masing peserta pada tanggal 22 Agustus mendatang.