DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

ARSIPARIS ARPUSDA DAMPINGI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO DEMI WUJUDKAN TERTIB PENGELOLAAN ARSIP

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan mulai berbenah dalam pengelolaan arsip. Dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) oleh Sekretaris Daerah Lamongan, Drs.Moh Nalikan.,M.M yang bertepatan dengan Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023. Perangkat Daerah dan Kecamatan mulai berbondong-bondong untuk melakukan penataan dan pengelolaan arsip secara optimal.


Kamis, 15 Juni 2023, bertempat di Ruang sekretariat  Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Tim Arsiparis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan diterima oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian beserta staf sekretariat. Kasubbag…
[WUJUDKAN TERTIB ARSIP, DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN LAMONGAN DATANGKAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ARSIP OLEH ARSIPARIS ARPUSDA]

Kamis, 15 Juni 2023 bertempat di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan dilaksanakan pendampingan pengelolaan arsip oleh Arsiparis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang, Subbagian Keuangan dan jajaran pegawai Dinas Lingkungan  Hidup. Kegiatan dibuka oleh kepala Subbagian Program dan Perencanaan Dinas Lingkungan Hidup. Dalam sambutannya beliau menjelaskan kondisi pengelolaan arsip di Dinas Lingkungan Hidup.

Selanjutnya dengan adanya Tim Arsiparis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan beliau berharap Pengelolaan arsip di Dinas Lingkungan Hidup berjalan secara optimal dan sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur, Kriteria (NSPK) dan mampu meningkatkan nilai audit kearsipan internal pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan narasumber Arsiparis Arpusda, Agus Buchori, A.Md. Agus buchori mengawali dengan deskripsi arsip dan jenis-jenis dari arsip. Setelah itu dilanjutkan oleh tim arsiparis untuk memberi pelatihan terkait dengan teknis pengelolaan arsip baik arsip dinamis aktif maupun arsip dinamis inaktif. Masing -masing Arsiparis memberikan teknis pengelolaan ke pada masing-masing Unit Pengolah (UP) yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan.

Pengelolaan arsip yang dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada akan menghadirkan kemanfaatan besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah, dan masyarakat. Ketersediaan arsip secara utuh, otentik, dan terpercaya, pada setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi utamanya untuk kemanfaatan penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik, serta penyediaan alat bukti yang sah bagi kepentingan lain.