DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Literasi Seru Goes To School : Menebar literasi di seluruh pelosok Lamongan

Literasi Seru Goes To School kali ini berkunjung ke salah satu sekolah di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan yaitu SDN Kreteranggon 1 Sambeng pada Rabu (14/6/2023)

Sebanyak 85 siswa antusias menyambut kedatangan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK). Program Literasi Seru Goes to School dimulai petugas dengan memperkenalkan diri dan memberikan sedikit edukasi sambil bermain kepada siswa-siswi tentang Perpustakaan dan Literasi. Tujuannya agar mereka mendapatkan pengetahuan sejak dini tentang Perpustakaan. Selanjutnya kegiatan diisi dengan mendongeng berjudul "Kibo dan Beruang Madu".

Kak Dita dan Kak Zuli mendongeng tentang perjalanan Beruang Madu yang ditemani sahabatnya si Kibo untuk mencari adiknya yang hilang. Selain menceritakan perjalanan Beruang Madu mencari adiknya di hutan, Kak  Dita dan Kak Zuli menjelaskan tentang jenis-jenis beruang beserta tempat tinggal mereka dan makanan mereka. Sehingga tidak hanya hiburan yang didapat tetapi juga pengetahuan. Selesai mendongeng, ada hadiah doorprize untuk dua siswa yang menjawab pertanyaan. Siswa yang beruntung yaitu Fea dan Haski.

Kak Dita dan Kak Zuli kemudian mengarahkan siswa-siswi untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu membaca buku yang ada di mobil perpustakaan keliling dan dipandu kak Deni Aurel untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu sambil berbaris rapi.

"Kak Deni? Ada buku horor? yang seram-seram gitu?" tanya beberapa siswa yang membuat suasana menjadi lebih meriah dan semakin tidak sabar untuk mencari buku yang mereka inginkan.

Kegiatan Literasi Seru Goes To School diakhiri dengan sesi foto bersama siswa dan guru SDN Kreteranggon 1 Sambeng. Program yang dimiliki Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan ini kedepannya diharapkan dapat menjangkau seluruh sekolah yang ada di Lamongan agar semakin mudah dalam menebar literasi di seluruh pelosok Lamongan.