DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

ARPUSDA TERIMA KUNJUNGAN STUDI TIRU PENGELOLAAN ARSIP DARI KECAMATAN KALITENGAH

LAMONGAN - Rabu, 14 Juni 2023, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menerima kunjungan dalam rangka studi tiru berkaitan dengan pengelolaan arsip dari Kecamatan Kalitengah. Studi tiru ini juga berkaitan dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan meraih Peringkat ke 4 (Empat) di Provinsi Jawa Timur dan Peringkat ke-8 (Delapan) Tingkat Nasional. Kunjungan kerja diterima di ruang rapat Rembug Praja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dan dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Kalitengah, Malik,S.Sos.,M.Si beserta jajarannya dan diterima oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Kearsipan serta Fungsional Arsiparis.

Dalam sambutannya  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan
mengatakan senang atas kunjungan studi tiru dari Kecamatan Kalitengah karena dengan studi tiru ini diharapkan dapat memotivasi pengelolaan kearsipan di Kecamatan Kalitengah.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan sedikit paparan terkait dengan pengelolaan arsip oleh Fungsional Arsiparis. Dalam paparannya Arsiparis menjelaskan terkait dengan jenis-jenis arsip dan pengelolaan arsip yang sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK). Dan tidak lupa disinggung juga terkait dengan pengelolaan persuratan dengan menggunakan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) dimana seluruh instansi pada Pemerintah Kabupaten Lamongan telah mengimplementasikan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) secara Live.

Selain berbagi pengalaman mengenai pembinaan dan pengelolaan arsip yang telah dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan,  Sekretaris Kecamatan dan Jajarannya juga meninjau ruang sekretariat dan berbagi pengalaman dengan staf pengurus surat untuk mengetahui alur persuratan dan penyimpanan surat masuk dan surat keluar.



Selanjutnya ke Ruang Unit Kearsipan (Record Center) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan untuk melihat pemyimpanan arsip inaktif, setelah itu berkunjung ke Ruang Digitalisasi untuk melihat proses scanning dokumen arsip statis dan berbagi pengalaman tentang teknis pengelolaan arsip sebelum masuk ke Ruang Unit Kearsipan (Record Center). Di Ruang ini Sekretaris Kecamatan dan jajarannya diberi sedikit pengetahuan terkait dengan pengelolaan arsip mulai dari pemilahan arsip, pendeskripsian arsip, pembuatan daftar arsip, memasukkan arsip kedalam boks hingga boks-boks arsip dimasukkan kedalam Ruang Unit Kearsipan.