DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

Literasi Seru Goes To School : Kenalkan Burung Maleo Melalui Cerita

Antusiasme siswa-siswi  sangat luar biasa ketika mobil Perpustakaan Keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mengunjungi MI Darul Ulum Dumpiagung Kembangbahu pada Rabu (14/6/2023).



Tiga petugas perpustakaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan (Arpusda) disambut meriah oleh para siswa-siswi dan bapak/ibu guru dengan sebuah yel-yel dari MI Darul Ulum Dumpiagung. Literasi Seru Goes to School ini diawali dengan ice breaking oleh Kak Fitri dan Kak Ajeng untuk memberi semangat siswa-siswi sebelum memulai acara Literasi Seru Goes to School. Acara selanjutnya diisi dengan bercerita.

Buku Burung Maleo dan Ujung Pelangi merupakan cerita yang dipilih oleh Kak Ajeng dan Kak Fitri untuk dibagikan ceritanya kepada siswa-siswi. Buku cerita karya Arif Hidayah ini bercerita tentang seekor burung Maleo dengan petualangannya berjalan di atas pelangi. Burung Maleo dari Donggala Sulawesi Tengah ini mempunyai banyak fakta yang menarik seperti ukuran telur 5 kali lebih besar dari telur ayam.

Setelah selesai bercerita, Kak Fitri dan Kak Ajeng memberi pertanyaan kepada siswa-siswi. Ada dua siswa yang dipilih untuk menjawab pertanyaan dan dapat doorprize dari Arpusda. Siswa-siswi saling berebutan menjawab pertanyaan dari Kak Fitri.

"Ada 3 ikan. Warnanya merah, biru dan hijau," ujar salah satu siswi bernama Rihana Aisyah.

Kak Fitri dan Kak Ajeng lalu mengarahkan siswa-siswi ke mobil perpustakaan keliling yang sudah terparkir di halaman sekolah. Setiap siswa boleh membaca buku yang ada di mobil keliling tapi sebelum membaca siswa menulis daftar hadir terlebih dulu.



Acara Literasi Seru Goes to School diakhiri dengan sesi foto bersama. Harapannya ke depan program Literasi Seru Goes to School ini dapat menebar literasi ke sekolah-sekolah yang ada di Lamongan