DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

ANRI MELALUI DISPERPUSIP PROVINSI JAWA TIMUR LAKUKAN AUDIT KEARSIPAN EKSTERNAL KEPADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

LAMONGAN - Senin, 12 Juni 2023, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menerima kedatanngan Tim Audit Kearsipan Eksternal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Audit tersebut dilaksanakan selama 2 (Dua) hari, Senin – Selasa. Tim Audit berjumlah 2 (Dua) orang yang dipimpin oleh Arsiparis Ahli Madya yaitu Ratna Milasari, SE.,M.M. dan Arsiparis Ahli Muda yaitu Tino Joosetha, D.A., S.S. 

Tim audit diterima langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos.,M.Si. dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan beserta jajaran Pejabat struktural dan fungsional Arsiparis.

Bertempat di Ruang Rapat Rembug Praja Lantai II Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Farah Damayanti Zubaidah menyambut dengan senang dan ucapan terimakasih atas kedatangan tim audit kearsipan eksternal dari Disperpusip Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya Farah Damayanti Zubaidah, S.Sos.,M.Si menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan untuk melengkapi rekomendasi yang telah diberikan oleh Tim Audit Kearsipan Eksternal Tahun 2022. Farah berharap Audit Kearsipan Eksternal Tahun 2023 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mampu meningkatkan nilai maupun peringkat tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Terdapat beberapa aspek yang menjadi sasaran audit diantaranya Kebijakan, Pembinaan, Pengelolaan Arsip Inaktif, Pengelolaan Arsip Statis, Organisasi, SDM Kearsipan, Prasarana dan Sarana Kearsipan serta Pendanaan. Dalam pelaksanaan audit tersebut didampingi oleh Arsiparis pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Tim Audit Kearsipan Eksternal bersama dengan Arsiparis melakukan pengisian instrumen Audit Sistem Kearsipan Eksternal (ASKE) dan pemeriksaan bukti fisik setiap aspek yang tertuang dalam instrumen penilaian. Seluruh bukti yang dipersiapkan harapannya dapat meningkatkan predikat penyelenggaraan kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan yang mana pada tahun 2022 memperoleh predikat “Memuaskan” atau Peringkat 8 (Delapan) tingkat Nasional dan Peringkat 4 (Empat) Tingkat Provinsi Jawa Timur.