DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

MERIAHKAN PESTA RAKYAT LAMONGAN TEMPO DOELOE, DINAS ARPUSDA GANDENG DINAS PPPA BANGUN SEKOLAH RAKYAT

LAMONGAN - Lamongan Tempo Doeloe merupakan agenda tahunan yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Lamongan ke 454 tahun ini. Event tahunan sebagai rangkaian Hari Jadi Lamongan ini selalu mendapat sambutan meriah masyarakat dari tahun ke tahun. Pesta Rakyat Lamongan Tempo Doeloe ini berlangsung selama 3 (tiga) hari. Dibuka mulai tanggal 8 hingga 10 juni 2023. Pesta rakyat Lamongan Tempo Doeloe dibuka Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di  Lapangan Gajah Mada Jalan Soemargo dengan sajian lebih bervariasi dan meriah, Kamis (8/6/2023).

Memasuki area Lamongan Tempo Doeloe, pengunjung akan disuguhi beragam budaya masa lampau. Semua yang tersaji di acara ini bernuansa tempo doeloe, mulai dari setting lokasi, dekorasi tiap-tiap stand, dekorasi panggungnya sampai pada kostum pengunjungnya. Selain terdapat pertunjukan kesenian tradisional, di sini juga terdapat banyak makanan, minuman yang semuanya jadul alias jaman dulu.

Tak hanya menampilkan pelawak senior yakni Cak Silo CS pada pembukaan Lamongan Tempo Doeloe, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai musik tradisional, campursari, keroncong, lomba masak olahan ikan, lomba otak-otak, hingga pentas seni dari siswa-siswi PAUD sampai SMA.


Turut memeriahkan gelaran Lamongan Tempo Doeloe, tahun ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bangun stand bertema Sekolah Rakyat. Stand Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dan  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berada pada nomor stand 38. Mengusung tema "Sekolah Rakyat Ramah Anak", dalam stan tersebut memotret aktivitas kegiatan Sekolah Rakyat dan juga perpustakaan tempo dulu yang dikenal dengan Balai Poestaka yang didukung dengan tersedianya buku-buku lama koleksi Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Lamongan sebagai referensi bacaan sekaligus mendukung tema pada stand tersebut.


Selain itu, antusiasme masyarakat Lamongan juga terlihat dengan diserbunya aneka sajian kuliner yang disediakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta Dinas PPPA. Adapun sajian kuliner yang tersedia diantaranya adalah lontong pecel, sego jagung, pentol, sate usus, petolo, klanting, jadah bakar, gulali, arum manis, ladu, krupuk upil, kacang, tebu, es dawet dan juga es cao.

Meskipun belum berkesempatan menjadi stand terbaik dalam gelaran Pesta Rakyat Lamongan Tempo Doeloe 2023 ini, namun nuansa keharmonisan dan kekeluargaan tetap tercipta selama berlangsungnya kegiatan tersebut.
Lamongan Megilan!