Agustus

14

 2022

Pramuka Lamongan Tercatat Aktif Lakukan Aksi Peduli


Menjelang peringatan hari Pramuka yang ke 61, Lamongan mengungkapkan kembali aksi peduli yang tercatat pada tahun 2022. Hal tersebut dilakukan guna dijadikan acuan untuk mempertahankan prestasi dan lebih baik lagi. 

"Pramuka Lamongan ini telah banyak melakukan kegiatan di bidang pendidikan, bidang sosial, serta selalu mendukung program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang juga bertindak sebagai Pembina Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lamongan saat memberikan sambutan pada Upacara Ulang Janji Hari Pramuka ke-61, Sabtu (13/8) di Pendopo Lokatantra Lamongan.

Mengusung tema “ Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa “, kegiatan ini dibarengkan dengan pengukuhan pengurus gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan masa bhakti 2022-2027.

Mengukuhkan pengurus yang telah terpilih, Bupati yang akrab Pak Yes itu memberikan utusan sebagai tugas awal untuk pengurus yang baru saja dikukuhkan.

"Kita punya sanggar Pramuka, tetapi kondisinya saya katakan miris. Tugas awal panjenengan (kalian) ialah merevitalisasi gedung itu menjadi layak dan menghidupi dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan di Lamongan," tegas Pak Yes.

Apresiasi terus dialirkan atas kerja keras Pramuka Kwarcab Lamongan saat turun aksi menerapkan Dasa Dharma dna Tri Satya kepada masyarakat Lamongan. Usai dikukuhkan, Moch Nalikan yang terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang Lamongan membeberkan aksi-aksi peduli yang diprakarsai Pramuka Lamongan.

"Aksi peduli yang ditorehkan Pramuka kwartir cabang Lamongan ialah Pramuka peduli korban covid 19 (membagikan 1.675 paket sembako kepada korban dan penyemprotan disinfektas), Pramuka peduli banjir (membagikan 1.250 paket sembako di daerah Kalitengah, Glagah, Karangbinangun, dan Deket), Pramuka peduli Semeru (menyumbang uang tunai sebesar 160 juta dan membangun rumah hunian untuk korban serta mengirimkan tukang relawan)," ungkap Nalikan.

Pada kesempatan yang sama, Nalikan juga memberikan keterangan bahwasanya Lamongan menjadi Kabupaten dengan jumlah pelantikan Pramuka Garuda terbesar di Jawa Timur.

"Selain aksi peduli, Pramuka Kwarcab Lamongan juga memaksimalkan pelantikan  Pramuka Garuda dengan melantik 1.640 Pramuka Siaga Garuda, 462 Pramuka Penggalang Garuda, 187 Pramuka Penegak Garuda, sehingga totalnya mencapai 2.289 merupakan jumlah diluar perkiraan," terang Nalikan.

Tidak berhenti disitu, Pramuka Kwarcab Lamongan juga menanamkan karakter kepada generasi muda dengan cara memperkenalkan wawasan diluar kepramukaan melalui pengadaan lomba tingkat 3 regu penggalang, orientasi pembina Pramuka pra siaga, launching Pramuka pra siaga, lomba seni dan permainan tradisional penegak yang akan dilaksanakan pada 30 Agustus mendatang.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES