Tiga Karya Tari Terbaik, Diraih Lamongan, Malang dan Tulungagung

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Taman Budaya Jawa Timur menyelenggarakan Festival Karya Tari Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Ada tiga penyaji Karya Tari terbaik, yaitu Kabupaten Lamongan (Tri Kristanti D D), Kabupaten Malang (Eko Ujang), dan Kabupaten Tulungagung (Asri Kusumaning R).
Menurut salah satu Juri Festival Karya Tari, Rofiq, Festival Karya Tari ini merupakan kelanjutan dari workshop di Malang dalam mengusung konsep Karya Tari di Jatim, dan ternyata tidak seperti riharapkan, karena peserta yang ikut workshop tidak mesti menjadi peserta Festival Karya Tari Jawa Timur.
“Saya melihat lebih dari 50% peserta Karya Tari ini adalah peserta workshop. Mungkin ada hal yang mungkin dipahami dan dibahas serta konsep yang diinginkan,” katanya bersama kedua juri lainnya seperti Dimas Panji Pramuka.
Secara umum, harapan tentang karya tari pabgayubagyo sebenarnya sudah mssuk 90% pada konsep yang diinginkan. ”Namun masih ada beberapa yang kurang match. Disisi lain, Karya Tari dalam festival kali sudah banyak yang masuk dalam harapan Provinsi Jatim, setidaknya 80% layak jika dipertunjukkan pada tamu atau wisatawan,” katanya.
Untuk naskah, lanjutnya, naskah yang disajikan dalam Festival Karya Tari tidak banyak yang bagus, namun.akhirmya tim juri memutuskan ada dua penulis naskah terbaik. Semoga festival ini menjadi penyemangat dan mudah mudah ke depan tetap selalu ada.
Sebelumnya, Kepala Disbudpar Jatim, Sinarto SKar mengatakan, dalam Festival Karya Tari ini merupakan salah satu pergerakan kebudayaan. Ada yang berbentuk inovasi dan ada juga yang kreatif. Artinya Inovasi mencoba memperbarui yang sudah ada dan kreatif memunculkan karya yang belum ada.
Sinarto menjelaskan, Gubernur Jatim menyambut baik Festival kali ini sebagai upaya maksimal dalam beraktivitas kesenian. Keinginan Gubernur, setelah pandemi Covid-19 berjalan maka produktivitas seniman bagian dari pelaku kebudayaan didorong lagi agar bekerja lebih baik dalam menghasilkan karya.

 disparbud
 399
 19-Juli-2022

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west