Festival Musik Jawa Timur 2022

Tim kesenian Kabupaten Lamongan yang menampilkan karya musik berjudul Megilan, sukses menyabet 3 kategori penghargaan sekaligus dalam Festival Musik Jawa Timur 2022 yang berlangsung tanggal 28 dan 29 Maret di Gedung Cak Durasim, Surabaya.

Ketiga penghargaan yang diraih tim kesenian Lamongan yaitu kategori komposer terbaik atas nama Khoirudin kemudian Penyaji terbaik serta komposisi terbaik.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan atau Disparbud Lamongan Siti Rubikah menjelaskan, prestasi yang diraih tim kesenian Lamongan dalam festival tersebut merupakan hasil dari keseriusan para seniman dan persiapan yang matang.

Selain itu, pembinaan yang berkelanjutan juga menjadi faktor pendukung. Sebab kata Rubikah, pembinaan kesenian di Lamongan terus berjalan walaupun tidak ada event. Beberapa kegiatan pementasan seni tradisi juga terus digalakkan dan dikombinasikan dengan event pariwisata Lamongan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Siti Rubikah menyebut karya musik yang disajikan tim kesenian Lamongan dalam Festival Kesenian Jatim 2022 diciptakan untuk mengaktualisasikan makna Megilan sebagai City Branding Lamongan dalam sebuah karya musik.

Karena kata Rubikah, megilan bermakna sebagai sesuatu yang masyhur dan luar biasa, maka aransemen musik yang ditampilkan dari karya itu tergambar dalam irama yang rancak, enerjik dan estetik.

Penonjolan warna musik tersebut, dikatakan Rubikah, diekspresikan melalui nada gamelan minimalis yang mengambil filosofi dari gamelan peninggalan Sunan Drajat yakni gamelan Singomengkok.

Rubikah berharap, kesuksesan tim kesenian Lamongan yang menyabet 3 kategori penghargaan dalam Festival Musik Jatim 2022 dapat menambah motivasi untuk terus melestarikan dan melakukan regenerasi seniman.

 disparbud
 896
 29-Maret-2022

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west