DINAS PARAWISATA DAN KEBUDAYAAN

Artikel Dinas Parawisata Dan Kebudayaan

Isu Satwa Disita BKSDA karena Tak Dirawat, Ini Faktanya!

Masyarakat Kabupaten Lamongan dibuat heboh terkait dengan pemberitaan tentang koleksi satwa di lokasi wisata Waduk Gondang, Kecamatan Sugio yang tak terurus hingga disita oleh BKSDA. Kabar ini pun kemudian dibantah oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan Siti Rubikah dan menganggapnya tidak benar.1. Pengambilan satwa pernah terjadi di tahun 2020 laluMenurut Rubikah, pengambilan satwa yang menjadi koleksi di Waduk Gondang tersebut memang pernah terjadi di tahun 2020 lalu dan bukan terjadi di tahun 2022 sekarang. Sementara, kata Rubikah, dalam kabar yang beredar tidak menyebut bahwa pengambilan atau penertiban satwa telah dilakukan pada 2020, lalu sehingga hal itu terkesan baru dilakukan pada saat ini."Ya memang ada, tapi itu kejadiannya bukan sekarang. Tahun 2020 lalu yang diambil adalah buaya, burung unta, kijang, merak, owa-owa, landak, ular, beruk, burung elang dan burung kasuari," kata Rubikah, Minggu (3/7/2022).2. Diambil BKSDA tapi bukan karena tak dirawat melainkan ada penertiban satwa yang dilindungiRubikah menjelaskan, pengambilan satwa yang dilakukan BKSDA pada saat itupun bukan karena Waduk Gondang dinilai tidak layak. Tetapi pengambilan itu karena penertiban langsung dari BKSDA. Pasalnya, semua hewan yang dilindungi harus ditangani secara khusus oleh tenaga ahli yang memiliki sertifikasi khusus dan keahlian mengenai satwa."Tahun 2020 lalu pengambilan satwa juga bukan karena kondisi perawatan tidak layak. Ya memang ada aturan yang mengharuskan satwa yang dilindungi ditangani secara khusus oleh BKSDA," terangnya.3. Satwa di Waduk Gondang saat ini sudah dipelihara dengan baikRubikah menerangkan, Disparbud Lamongan sebagai pihak yang menaungi kawasan wisata Waduk Gondang tetap berkomitmen untuk terus memperbaiki dan mempercantik kawasan Waduk Gondang sebagai salah satu destinasi wisata yang ikonik di Lamongan. Saat ini, terang Rubikah koleksi satwa di Waduk Gondang pun masih ada dan terawat dengan baik."Ada beberapa sih hewan yang masih dipelihara di sana (Waduk Gondang) seperti ular, kera jawa, burung lovebird, burung dara dan ayam mutiara. Semua hewan yang ada di sana kita rawat dengan baik. Dikasih vitamin juga," pungkasnya.Source : jatim.idntimes.com

Selengkapnya
PLN Peduli Bina Kawasan Ekowisata

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UID Jawa Timur Hamzah menyampaikan pada tahun 2022 ini PLN Peduli ingin berfokus pada perbaikan kondisi lingkungan wisata Pantai Kutang.Karena kata Hamzah kawasan mangrove seperti yang ada di Pantai Kutang sangat rawan dengan gangguan sampah terlebih sampah kiriman dari laut dan tentu akan mengganggu aktivitas wisataDukungan terhadap pembenahan lingkungan ini dikatakan Hamzah diwujudkan dengan rencana penanaman mangrove dan bantuan untuk pengelolaan sampah di desa.

Selengkapnya
Disparbud Lamongan Berbenah

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lamongan melakukan audit internal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan (Disparbud Lamongan).Setelah diaudit Kepala Disparbud Siti Rubikah menyampaikan akan menjadikan audit internal sebagai motivasi berbenah arsip.Kata Rubikah dengan adanya audit internal ini jajarannya bisa lebih menghargai pentingnya merawat arsip meskipun sudah ada yang bersiap digitalisasi.Rubikah mengaku Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lamongan telah menerima Risalah Hasil Audit Sementara sesuai kondisi riil ruang arsip di kantornya Namun pihaknya diberikan waktu sebulan untuk berbenah atas hasil audit internal tersebut.Ke depan Rubikah berharap seluruh jajarannya memiliki kesadaran akan pentingnya memelihara dan memaintenance arsip Pihaknya juga akan bersurat ke Dinas Kersipan dan Perpustakaan Daerah Lamongan agar mendampingi jajarannya dalam menata kelola arsip di dinasnya.

Selengkapnya
Selamat Ulang Tahun Mas Menteri

Keluarga Besar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan mengucapkan Selamat Ulang tahun untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif indonesia.Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA @sandiuno yang Ke-53 Tahun.Semoga Selalu Diberikan Kesehatan serta Keberkahaan.

Selengkapnya