SAFARI KHOTMIL QUR'AN DI KECAMATAN TURI

Posted By Kecamatan Turi | 28 Juli 2022

TURI  – Lantunan ayat suci Al Qur’an berkumandang di halaman kantor Kecamatan Turi hari ini, Kamis (28/7/2022). Acara Safari Khotmil Qur'an kali ini bertempat di Kantor Kecamatan Turi dengan peserta dari beberapa perwakilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Lamongan . Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Bupati Lamongan yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I yakni Bapak Drs. M. Fahrudin Ali Fikri, M.Si., Ketua HQQ Kabupaten Lamongan ,Forkopimcam, MUI, dan pengurus HQQ yang berada diranting Kecamatan Turi .

Kabupaten Lamongan memiliki banyak inovasi, diantaranya ialah Gerakan Lamongan Menghafal (GLM). Gerakan tersebut eksklusif diperuntukkan kepada para hafidz dan hafidzah di Kabupaten Lamongan. Pemerintah bersinergi membina para penghafal Quran untuk terus menggiatkan program-programnya sebagai upaya memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat Lamongan ,hal tersebut disampikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat memberikan sambutan pada acara Khotmil Quran sekaligus memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pendopo Lokatantra Lamongan, Sabtu (12/3).

"Kepada para hafidz dan hafidzah yang kita bina sehingga bisa saling bersinergi, berkumpul, dan tentu memberikan inspirasi yang seiring dengan gerakan kami, yakni Gerakan Lamongan Menghafal (GLM) yang kita semarakkan di kabupaten ini," tutur Pak Yes.

Pak Yes juga memberikan dorongan kepada para penghafal Quran agar selalu menyinari kehidupan di Lamongan dengan aura positif.

Acara yang digelar oleh Jam'iyah Huffazh Al Quran Wal Qiro'ah (HQQ) Lamongan yangmana merupakan wadah untuk menampung hafidz dan hafidzah yang ada di Kabupaten Lamongan guna mengimplementasikan gerakan yang telah dicanangkan pemerintah Lamongan. Hal tersebut diungkap oleh Ketua Jam'iyah Huffazh Al Quran Wal Qiro'ah (HQQ) Lamongan Slamet Makruf pada sambutannya, ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Lamongan yang sudah memberikan dukungan penuh berupa materiil maupun moral. Berkat adanya dukungan tersebut, HQQ bisa tetap eksis menjalankan program-programnya.

"Kami atas nama pengurus HQQ Lamongan mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Lamongan yang telah memberikan dukungan penuh baik materiil moral sehingga HQQ bisa eksis dan melaksanakan programnya," ungkap Slamet. Slamet juga memaparkan bahwasanya HQQ lahir atas asistensi Pemerintah Lamongan dalam aspek legalitas formal.  Mampu bersinergi bersama pemerintah Lamongan, HQQ mampu konsisten melaksanakan Khotmil Quran di instansi-instansi Lamongan .

Dalam Acara Safari Khotmil Qur'an tersebut juga ada pemberian santunan kepada beberapa anak Yatim Piatu dari Pemerintah Kabupaten Lamongan . Di kesempatan ini, Camat Turi mengajak kepada seluruh Kepala Desa agar bisa mengelola Desa dengan hati yang rendah. Beliau juga mengaku terharu dengan terlaksanaanya kegiatan Safari Khotmil Quran di Pendopo Kecamatan Turi, karena kegiatan yang sekarang sudah langka digelar, namun tetap terlaksana di wilayah Kecamatan. Dengan itu menandakan bahwa Lamongan tetap rendah hati dalam mengelola daerahnya.