KECAMATAN SOLOKURO - Arsip Artikel

Apel Pagi

Apel Pagi merupakan Kewajiban bagi setiap pegawai. Dari pelaksanaan Apel Pagi pegawai akan terlatih dalam hal disiplin dan tanggung jawab. Apel pagi di Kantor Kecamatan Solokuro dilaksanakan Setiap Hari Senin sampai Kamis sesui Petunjuk Teknis yang didetapkan Pemerintah Kabupaten Lamongan. selain sebagai bentuk tanggung Jawab dan melatih kedisiplinan  Apel juga sebagai sarana Pimpinan untuk memberikan arahan  dan evaluasi kegiatan kantor kepada staf  bawahannya. ( Alex's)

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

Peringatan Hari Santri Nasional Pada Tanggal 22 Oktober 2022 di laksanakan di Halaman MWC NU Solokuro. Selaku Pembina Upacara adalah Camat Solokuro Bapak Drs.Moch.Machfud,MM. Upacara Peringatan Hari Santri Nasional ini juga dihadiri Kapolsek Solokuro, Danramil Solokuro, Segenap Jajaran Pengurus NU Solokuro, serta Santri dari sepuluh Desa Se Kecamatan Solokuro.Peringatan Tahun ini mengangkat tema " Berdaya Menjaga Martabat Kemanusian" Tema ini mencerminkan keberadaan santri yang dicatat dalam sejarah selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia baik pada masa perjuangan, mempertahankan kemerdekaan sampai fase mengisi kemerdekaan.Ketika Indonesia memanggil santri tidak pernah mengatakan tidak.Santri merupakan sosok berdaya yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. sebagai orang yang mempelajari ilmu agama, santri memahami bahwa agama tidak diturunkan untuk merendahkan martabat kemanusiaan. Santri berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. menjaga martabat kemusiaan juga berarti menjaga Indonesia

Kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan di Kecamatan Solokuro

Pada hari Jum'at tanggal 21 Oktober 2022 Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Ibu Hj. Anis Katika Yuhronur Efendi melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Solokuro. Kali ini desa yang dikunjungi adalah Desa Solokuro dan Desa Payaman. Kunjungan ini adalah Kunjungan Kali ketiga karena sebelumnya Ibu Anis juga telah berkunjung untuk menyambangi Kader PKK Desa dagan, Banyubang, Bluri dan Takerharjo., dan Pada  bulan September lalu Ibu Anis Kartika juga telah berkunjung ke Desa Tenggulun, Tebluru Dadapan dan Sugihan. Praktis Sepuluh Desa yang ada di Kecamatan Solokuro Telah di Kunjugi oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan tersebut.Dalam Kunjungan di desa Solokuro Ibu Anis Kartika Yuhronur Efendi di Sambut Ibu ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Solokuro Ibu Anik Zuliatun beserta Camat Solokuro Bapak Drs.Moch.Machfud,MM. Turut mendampingi Bapak Danramil dan Kapolsek Solokuro, Sekcam solokuro beserta Ibu, Koorwil Pendidikan, Kepala KUA dan Kepala UPT Puskesmas Payaman  Serta Ketua Tim Penggerak PKK Desa Solokuro Ibu Musholihah beserta Kades Solokuro Bapak Lukman Hakim,SH. Dalam kesem[patan ini Ibu Anis juga menyapa warga yang membutuhkan perawatan Khusus serta memberikan bantuan berupa alat bantu Kesehatan dan Juga Sembako.Sementara itu di Desa Payaman Ibu Anis Kartika Yuhronur Efendi juga melakukan Kunjungan kerja yang sama. Pada Kesempatan ini ibu Anis juga didampingi Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Ketua Tim Penggerak Desa Payaman, Muspika Serta Koordinator Bidang dan UPT se Kecamatan Solokuro. Pada intinya Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan berharap agar Program-program PKK dapat dilaksanakan sebaik mungkin, baik mengenai penanganan Anak Usia Dini sampai Usia Tua harus mendaptkan perhatian serius dari Tim Penggerak PKK baik mengenai Pendidikan maupun Kesehatan. Dalam musim penghujan yang telah datang ini Ibu Anis berpesan agar selalu menyiapkan Payung Sebelum hujan, artinya kewaspadaan terhadap bencana yang ditimbulkan oleh musim penghujan ini perlu diwaspadai. Selokan, sungai harus dibersihkan dari sampah maupun tanaman yang dapat mengganggu kelancaran mengalirnya air. Beliau juga berpesan untuk mensukseskan Sensus sosial Ekonomi REGSOSEK yang dimulai tanggal 15 Oktober - 14 November 2022.  

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Solokuro,Tebluru, Dadapan Dan Pengukuhan Bunda PAUD Se Kecamatan Solokuro

Pada Hari Selasa tanggal 27 September 2022 bertempat di Pendopo Kecamatan Solokuro telah di lantik Ketua Tim Penggerak PKK Desa Solokuro, Tebluru dan Dadapan. Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Solokuro Ibu Hj Anik Zuliatun Moch,Machfud telah melantik  Musholihah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Solokuro, Siti Fatimah sebagai Ketua TP PKK Desa Tebluru dan Nisfiyah Maftuhah Sebagai Ketua TP PKK Desa Dadapan.PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan. berbagai kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh PKK antara lain kegiatan pelatihan UKM,pengajian sampai seminar seminar mengenai kesehatan reproduksi, KB ( Keluarga berencana ), KDRT hingga mengenai kesehatan anak. sedangkan fungsi PKK yang tercantum dalam 10 Program Pokok PKK antara lain :1.Penghayatan dan Pengamalan Pancasila2. Gotong Royong3. PAngan4. Sandang5. Perumahan serta tata laksana rumah tangga6. Pendidikan serta ketramppilan7.Kesehatan8. Pengembangan kehidupan berkoprasi9.Kelestarian lingkungan hidup10. Perencanaan SehatSelain Pelantikan Ketua TP PKK Desa pada hari itu juga diadakan Pengukuhan BUNDA PAUD Desa Se-Kecamatan Solokuro. Jumlah yang dilantik oleh Bunda PAUD Kecamatan Hj Anik Zulatin Moch. Machfud sebanyak 10 orang sesuai desa yang ada di Kecamatan Solokuro. Bunda PAUD Desa tersebut adalah1. Musholihah Sebagai Bunda PAUD Desa Solokuro2. Siti Fatimah Sebagai Bunda PAUD Desa Tebluru3. Nisfiyah Maftuhah Sebagai Bunda PAUD Desa Dadapan4. Musthofiyah Sebagai Bunda PAUD Desa Tenggulun5. Diah Puji Astutik Sebagai Bunda PAUD Desa Takerharjo6. Markutik Sebagai Bunda PAUD Desa Sugihan7. Siswarni Sebagai Bunda PAUD Desa Bluri8. Mutiyah Sebagai Bunda PAUD Desa Dagan9. Mulyani Sebagai Bunda PAUD Desa Banyubang10. Murdliah Sebagai Bunda PAUD Desa Payaman

Penyaluran Bantuan PKH Lansia Plus

Sebanyak 62 orang penerima Dana Bantuan PKH Plus telah mengambil dana tersebut di Pendopo Kecamatan Solokuro pada hari Rabu tanggal 14 September 2022. Camat Solokuro Bapak Drs. MOCH.MACHFUD,MM berpesan agar dana bantuan tersebut  dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh penerima sesuai dengan kebutuhan. Ponali merasa bersyukur telah menerima bantuan ini. bantuan ini sangat bermanfaat disaat kenaikan BBM yang mengakibatkan naiknya harga-harga kebutuhan bahan pokok.

Perhitungan Hingga Malam Proses Pilihan Kades Di Kecamatan Solokuro Berjalan Lancar dan Aman

Pelaksananaan Pemilihan Kepala Desa secara Serentak di Kabupaten Lamongan di laksanakan Pada Hari Minggu tanggal 26 Juni 2022. Sebanyak 138 Calon Kepala Desa yang tersebar di 61 desa  dari 24 Kecamatan di  kabupaten Lamongan telah menggelar pesta demokrasi tingkat desa tersebut. Di Kecamatan Solokuro sebanyak 3 desa melaksanakan pemilihan Kepala Desa yang diikuti calon sebanyak 7 Calon Kepala Desa dengan rincian Desa Solokuro 2 Calon Kepala Desa , Desa Tebluru 2 Calon Kepala desa dan desa Dadapan 3 Calon Kepala Desa.Dari Proses Pemilihan dan Perhitungan yang dilaksanakan masing-masing desa telah diperoleh Kades terpilih yaitu Desa Solokuro No Urut 1.Drs Lukman Hakim, SH. memperoleh 1.428 suara dan No Urut 2 Abdul Barri memperoleh 661 suara, Kades terpilih adalah Drs. Lukman Hakim,SH. Desa Tebluru Calon Kepala Desa No urut 1 Ariska memperoleh 76 Suara dan No Urut 2 Hamtoro Huda memperoleh 1.254 Suara, Kades terpilih Desa Tebluru adalah HAmtoro Huda. Sedangkan Desa Dadapan yang Proses Penghitungan suara hingga pukul 23.30 WIB baru selesai No urut 1 Winny Koes Dzulkarnaen,SH memperoleh 1.315 Suara, No Urut 02 Suwito memperoleh 483 suara dan No Urut 03 Ihwan,S.Pdi memperoleh 1.023 Suara. Kades terpilih Desa Dadapan adalah Winny Koes Dzulkarnaen,SE.Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Solokuro yang diselenggaran oleh tiga Desa yaitu Desa Solokuro, Desa Tebluru dan Desa Dadapan di mulai dengan Pembukaan pukul 06.30 dan Proses Pemilihan Jam 07.00 sampai jam 13.00. Nampak warga sangat antusias dalam proses demokrasi tingkat desa tersebut. meski demikian pelaksanaan pemilihan berjalan dengan aman lancar dan terkendali. guna mengantisipasi penyebaran Covid 19 yang masih belum sepenuhnya hilang maka pihak Panitia telah bersiaga dengan berbagai peralatan dan perlengkapan Protokol Kesehatan. warga yang ingin menyalurkan hak pilihnya diwajibkan menggunakan Masker dan pihak panitia juga menyediakan Handsanitizer, Alat cek Suhu dan menyediakan masker bagi masyarakat Pemilih.  Camat Solokuro Bapak Drs. Wahyu Agus Hartono,MM didampingi Kapolsek Solokuro AKP Supardi dan Danramil Solokuro Capt Mulyanto didampingi TIMWAS Kecamatan Solokuro terus memantau proses pemilihan Kepala desa dari Pra Pemilihan hingga selesainya Pemilihan. Alhamdulillah Proses Pemilihan berjalan aman dan terkendali meski sempat diguyur hujan lumayan lebat tapi tidak melunturkan masyarakat untuk datang ke TPS. Bapak Camat Solokuro berpesan agar Kepala Desa Terpilih mampu merangkul warga masyakat desa untuk kembali bersatu membangun desa. beda pilihan adalah pilihan dan Persatuan dan kerukunan adalah keharusan.