PUSKESMAS TLOGOSADANG

PERESMIAN GEDUNG PONED DAN RAWAT INAP PUSKESMAS TLOGOSADANG

TLOGOSADANG - Bupati Lamongan Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA dan Wakil Bupati Lamongan Bapak Drs. KH. Abdul Rouf, Mag beserta jajaranya melakukan peresmian Gedung Fasilitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap dan PONED serta Launching Program Inovasi Teratai Bali yang ada di Puskesmas Tlogosadang. (09/02/2023)


LAMONGAN SEHAT, merupakan Program Prioritas Bapak Bupati Lamongan untuk meningkatkan kualitas dan aksesbilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, untuk mewujudkan program Lamongan Sehat tersebut, pada tahun 2022 telah dialokasikan / dilaksanakan Kegiatan Peningkatan / Rehabilitasi / Penambahan Ruang Gedung Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Lamongan diataranya  20 unit Puskesmas, 9 unit Puskesmas Pembantu dan 4 unit Polindes, salah satunya yakni Puskesmas Tlogosadang.


Program Inovasi Teratai Bali adalah inovasi dari Puskesmas Tlogosadang dengan menggunakan aroma terapi. Aromaterapi merupakan salah satu cara pemakaian minyak alami yang didapat dari ekstrak tanaman tertentu. Minyak yang dipakai berupa minyak esensial yang dibuat dari bermacam tanaman obat, akar, herbal, bunga, buah, sampai pohon yang dijumpai di seluruh penjuru dunia. Diantaranya adalah Lavender, Mawar, Melati, Citrus Aurantium dan Boswellia Carterii telah terbukti efektif untuk mengurangi nyeri pada persalinan.

Manfaat Aroma Terapi :
1. Relaksasi
2. Membuat tidur lebih berkualitas
3. Membantu gangguan pernafasan
4. Meredakan peradangan dan nyeri
5. Mengurangi mual

Dengan Teratai Bali diharapkan dapat membantu ibu yang mau melahirkan lebih siap dan tenang sehingga persalinannya lancar.