PUSKESMAS TLOGOSADANG

Arsip Artikel

PERESMIAN GEDUNG PONED DAN RAWAT INAP PUSKESMAS TLOGOSADANG

TLOGOSADANG - Bupati Lamongan Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA dan Wakil Bupati Lamongan Bapak Drs. KH. Abdul Rouf, Mag beserta jajaranya melakukan peresmian Gedung Fasilitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap dan PONED serta Launching Program Inovasi Teratai Bali yang ada di Puskesmas Tlogosadang. (09/02/2023)LAMONGAN SEHAT, merupakan Program Prioritas Bapak Bupati Lamongan untuk meningkatkan kualitas dan aksesbilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, untuk mewujudkan program Lamongan Sehat tersebut, pada tahun 2022 telah dialokasikan / dilaksanakan Kegiatan Peningkatan / Rehabilitasi / Penambahan Ruang Gedung Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Lamongan diataranya  20 unit Puskesmas, 9 unit Puskesmas Pembantu dan 4 unit Polindes, salah satunya yakni Puskesmas Tlogosadang. Program Inovasi Teratai Bali adalah inovasi dari Puskesmas Tlogosadang dengan menggunakan aroma terapi. Aromaterapi merupakan salah satu cara pemakaian minyak alami yang didapat dari ekstrak tanaman tertentu. Minyak yang dipakai berupa minyak esensial yang dibuat dari bermacam tanaman obat, akar, herbal, bunga, buah, sampai pohon yang dijumpai di seluruh penjuru dunia. Diantaranya adalah Lavender, Mawar, Melati, Citrus Aurantium dan Boswellia Carterii telah terbukti efektif untuk mengurangi nyeri pada persalinan. Manfaat Aroma Terapi :1. Relaksasi2. Membuat tidur lebih berkualitas3. Membantu gangguan pernafasan4. Meredakan peradangan dan nyeri5. Mengurangi mualDengan Teratai Bali diharapkan dapat membantu ibu yang mau melahirkan lebih siap dan tenang sehingga persalinannya lancar.

Selengkapnya
PENDISTRIBUSIAN TABLET FE UNTUK REMAJA PUTRI (REMATRI)

Puskesmas Tlogosadang, Pelaksana Gizi Puskesmas Tlogosadang langsung turun melaksanakan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bersama dengan guru sekolah untuk Remaja Putri Di Mts SUnan Drajat, Kec. Paciran Kab. Lamongan.Remaja putri memang mudah terkena anemia yang ditandai dengan tubuh mudah lemas ataupun mudah pingsan, karena mengalami menstruasi. Untuk itu tablet penambah darah dibutuhkan untuk mengatasi anemia.Mengapa remaja putri membutuhkan zat besi ?Pertumbuhan cepat, kebutuhan meningkatHaid: kehilangan darah rutin dalam jumlah cukup banyakCalon ibuPeriode usia melahirkan: kehilangan darah saat persalinan; jumlah persalinan; jarak antar persalinan; usia melahirkan saat remaja;Bila ibu sudah hamil akan terlambat, terutama untuk perkembangan organ yang memerlukan asam folatPola makan untuk menjaga penampilanUntuk mengatasi anemia/defisiensi besi, dllDampak Anemia pada Siswa/mahasiswa adalah sebagai berikut :Konsentrasi belajarPrestasi disekolah rendah atau tidak optimalProduktivitas kerja turunImunitas lebih rendah sehingga lebih rentan terhadap penyakit infeksi;Upaya pemberian tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Hal ini disebakan karena kurangnya supply oksigen dan makanan ke janin selama masa kehamilan.Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka Puskesmas Tlogosadang memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri kepada Mts Sunan Drajat.Cara mengkonsumsi Tablet Tambah Darah ( TTD )Sasarannya adalah seluruh remaja putri ( rematri ) usia 12 – 18 th (kelas, 7, 8, 9, 10, 11 dan 12). Tablet Fe yang sudah didistribusikan oleh Puskesmas ke sekolah, akan diberikan ke remaja putri di sekolah tersebut dan mengkonsumsinya dihadapan guru / walikelas masing-masing.Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa remaja putri itu benar-benar mengkonsumsi tablet Fe. Dosis yang diberikan adalah setiap orang mendapat 1 tablet per minggu selama setahun dan dipantau setiap sebulan sekali oleh Petugas Puskesmas Tlogosadang.Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan.

Selengkapnya
POSYANDU LANSIA

    Tlogosadang- Posyandu lansia merupakan kegiatan rutin yang dilakukan puskesmas Tlogosadang untuk membantu membantu masyarakat khususnya masyarakat lanjut usia (LANSIA) untuk hidup lebih sehat.    APA ITU POSYANDU LANSIA?Posyandu lansia adalah wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan berdasarkan inisiatif masyarakat. Hal ini membuat program dan layanan yang tersedia bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di daerah wilayah kerja puskesmas tlogosadang.SASARAN LANGSUNG POSYANDU LANSIA MELIPUTI:-Pra Usia lanjut (49-59 tahun)-Usia Lanjut (60 tahun ke atas)-Usia Lanjut dengan risiko tinggi (70 tahun ke atas)SASARAN TIDAK LANGSUNG POSYANDU LANSIA MELIPUTI :-Keluarga Lansia -Organisaasi sosial di bidang pembinaan orang lanjut usia-Masyarakat luas Tujuan posyandu lansia diadakan yanki tak lepas dari semangat untuk memberikan pelayanan kesehatan lansia sebaik mungkin agar kelompok usia ini bisa encapai kesejahteraan, baik secara fisik maupun psikis. Adapun manfaatn posyandu lansia yakni membantu lansia agar tetap sehat dan bugar, baik fisik maupun psikis, membantu deteksi dini terhadap penyakit lansia dan gangguan kesehatan lainnya, sarana lansia untuk bisa meningkatkan interaksi sosial dengan sesamanya yang diharapkan dapat memperbaiki kondisi psikologisnya.

Selengkapnya
KELAS CATIN PUSKESMAS TLOGOSADANG

    Puskesmas Tlogosadang- Bimbingan bagi calon pengantin sering disebut juga Calon Pengantin (CATIN). CATIN merupakan salah satu program yang dilakukan diwilayah kerja Puskesmas Tlogosadang.    Kegiatan Program bimbingan bagi calon pengantin merupakan program rutin yang dilakukan Puskesmas Tlogosadang. dengan berkolaborasi dengan berbagai aspek masyarakat yang ada diwilayah kerja puskesmas Tlogosadang.    Dengan adanya bimbingan bagi calon pengantin adalah salah satu ikhtiar Puskesmas Tlogosadang untuk mengurangi angka perceraian yang ada di wilayah lamongan, karena mereka belum tau tentang cara mengelola keluarga mereka agar umur pernikahan jadi awet.    Semoga dengan adanya program CATIN yang dilakukan Puskesmas Tlogosadang agar para penagntin yang baru menikah memiliki bekal tentang menjadi keluarga yang  sakinah mawaddah, warohmah.

Selengkapnya
Bakti Sosial Kesehatan peringatan HUT RI ke 77 dan HJL ke 453

    Tlogosadang. Puskesmas Tlogosadang Mengadakan Bakti Sosial Kesehatan peringatan HUT RI ke 77 dan HJL ke 453 di wilayah Puskesmas Tlogosadang lebih tepatnya di Desa Paloh, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Bakti Sosial itu di hadiri Kepala Desa Paloh dan di bantu dokter KOAS UNUSA yang sedang melakukan KOAS di Puskesmas Tlogosadang.    Puskesmas Tlogosadang  mengadakan Baksos kesehatan yang meliputi pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan konsultasi  kesehatan, pemeriksaan Tekanan Darah, pemeriksaan Gula darah, Asam Urat, Kolesterol, konsultasi obat dan konsultasi Gizi.    Masyarakat setempat sangat antusias dengan adanya Bakti Sosial yang diadakan Puskesmas TLogosadang. Masyarakat sangat berterima kasih atas adanya bakti sosial kesehatan yang di adakan Puskesmas Tlogosadang karena sangat membantu masyarakat setempat agar lebih sehat.  

Selengkapnya
KEGIATAN PELACAKAN KONTAK TBC

    Kegiatan Pelacakan kontak TBC yang dilakukan oleh programer TBC Puskesmas Tlogosadang. Program Pelacakan kontak TBC  ini melalui peendekatan pada masyarakat sekitar dengan tetap memperhatikan dan mempertahankan layanan yang bermutu sesuai standart. Salah satu kegiatan yang penting untuk mendukung keberhasilan strategi penemuan aktif ini adalah melalui pelacakan dari orang-orang yang kontak dengan pasien TBC (Indeks Kasus) untuk menemukan terduga TBC dari pintu ke pintu.            Kontak yang terduga TBC yang ada keluhan akan dirujuk ke layanan kesehatan untuk pemeriksaan lanjutan dan bila terdiagnosis TBC, akan diberikan pengobatan yang tepat dan sedini mungkin. Pelacakan Kontak TBC ini mempunyai dua fungsi yaitu meningkatkan penemuan kasus dan mencegah penularan TBC di masyarakat sehingga bisa meminimalisir penularan TBC.

Selengkapnya