PUSKESMAS SAMBENG

PEMBERIAN OBAT CACING PADA ANAK DAN VAKSINASI HPV UNTUK ANAK SD

Sambeng 4 Oktober 2022, Puskesmas Sambeng melaksanakan kegiatan pemberian obat cacing pada anak dan Vaksin HPV pada anak wanita Kelas 5 dan 6 SD.kegiatan ini dilaksanakan di SDN Candisari KEcamatan Sambeng. Pemberian obat cacing ini  merupakan salah satu program pemerintah yang wajib diberikan kepada anak, pemberian obat cacing ini dilaksankan di posyandu, sekolah PAUD, TK, dan SD Di Wilayah kerja Puskesmas Sambeng. Pemberian obat cacing dilakukan hanya pada anak yang sudah diatas 1 tahun.

Tujuan Pemberian Obat cacing ini yaitu:

1.  Dapat mengoptimalkan penyerapan karobohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti defisiensi zat besi, anak kurang gizi, bahkan tumbuh kembang anak menjadi lambat bahkan terlambat.

2.  Mengurangi Stunting pada anak

 Kondisi stunting ini merupakan hal yang lagi perlu jadi perhatian kita yang ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya.

3.   Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing

Obat  diberikan pada anak usia 2 tahun keatas dengan tujuan mencegah dan membasmi penyakit kaki gajah (Eliminasi Filiaris).

Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali. Pemberian obat cacing ini hanya dilakukan apabila anak sehat, tidak demam ataupun sakit, anak sudah sarapan pagi dan hanya dilakukan oleh petugas puskesmas atau kader kesehatan yang sudah terlatih dan tidak bisa dibawa pulang.


Sedangkan Pada kegiatan BIAS kali ini berfokus pada pemberian vaksin HPV dengan sasaran anak perempuan kelas 5 – 6 SD/MI. Apa itu vaksin HPV? Vaksin HPV merupakan jenis vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi human papillomavirus yang dapat mengakibatkan penyakit kanker serviks.


Pemberian imunisasi pada anak sangat penting untuk mencegah penularan penyakit, salah satunya kanker serviks. Penyebab penyakit ini adalah human papillomavirus (HPV). Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit penderita, terutama ketika berhubungan seksual. Namun virus ini bisa dicegah dengan menggunakan vaksin HPV.