PUSKESMAS SAMBENG

GERAKAN MASYARAKAT CERDAS MENGGUNAKAN OBAT (GEMA CERMAT)

Selasa (21/06/2022), Puskesmas Sambeng mengadakan pertemuan tentang Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Desa Pamotan.

Upaya dari Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat atau disebut dengan GEMA CERMAT adalah Upayah bersama antara pemerintahan dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar. Masih kurangnya pemahaman masyarakat dan kurangnya informasi yang memadai tentang penggunaan obat, menyebabkan penggunaan antibiotik secara tidak tepat dikalangan masyarakat dapat memicu terjadinya resistensi (kekebalan) terhadap antibiotik. Penggunaan obat bebas dan bebas terbatas tanpa informasi dalam pengawasan tenaga kesehatan, kurangnya pemahaman tentang cara menyimpan dan membuang obat dengan benar juga merupakan salah satu penyebab kurangnya informasi dan pemahaman masyarakat  tentang penggunaan obat.

Tujuan dari dilaksanankannya pertemuan ini adalah “untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional”.