PUSKESMAS KEMBANGBAHU

Bakti Sosial Kesehatan dalam Rangka HUT RI ke 77

Puskesmas Kembangbahu melaksanakan Bakti Sosial Kesehatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di Desa Gintungan. Desa tersebut dipilih menjadi lokasi bakti sosial dikarenakan desa paling ujung yang kemungkinan sulit menjangkau akses kesehatan ke Puskesmas Kembangbahu. Desa Gintungan perbatasan dengan Kabupaten Gresik. Bakti sosial dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2022 pukul 08.00 di Balai Desa Gintungan.  Alur pelayanan yang dilaksanakan saat Bakti Sosial yaitu:

a. Pendaftaran

b. Skrining

c. Pemeriksaan Dokter

d. Laboratorium

e. Konsultasi

g. Obat


            Dari kegiatan tersebut kunjungan sakit masyarakat sekitar adalah 42 orang, dengan diagnosa medis terbanyak 20 orang menderita mialgia. Myalgia adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut nyeri otot. Meski biasanya ringan dan hanya terjadi di satu otot tertentu, nyeri otot juga bisa terasa di seluruh bagian tubuh dan sangat menyiksa. Sebenarnya, nyeri otot bukan suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit atau kondisi. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari postur tubuh atau gerakan yang tidak tepat saat berolahraga, cedera otot, infeksi, hingga efek samping obat-obatan. Nyeri otot bisa muncul di bagian tubuh mana pun, seperti otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis. Nyeri ini lazim dialami oleh setiap orang. Selain itu, terdapat diagnosa gastritis, ispa, dermatitis, hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes mellitus (kencing manis).

           Kegiatan lainnya pemeriksaan masyarakat sakit, puskesmas kembangbahu juga  melaksanakan vaksinasi covid-19 dengan jumlah sasaran yang mengikuti vaksin sebanyak 18 orang dengan kategori mayoritas berasal dari masyarakat umum. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Gintungan berjalan dengan lancar dan dengan harapan dapat memberikan dampak yang positif di lingkungan sekitar dan menghimbau untuk sering memeriksakan kesehatannya karena pencegahan lebih baik daripada mengobati.