DINAS PEKERJAAN UMUM SUMBER DAYA AIR

Hari ketiga ini kami peserta orientasi PPPK tahap ll di bidang Operasi dan Pemeliharaan

Rabu, 12 Juni 2024, di hari ketiga ini kami peserta orientasi PPPK tahap ll di Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air bersilaturahmi di bidang Operasi dan Pemeliharaan di bawah pimpinan Bapak Saikhu Rohman, ST dalam mengemban tugasnya Bapak Saikhu Rohman memiliki staf sebanyak 26, 25 diantaranya laki-laki dan 1 Perempuan. Bidang OP memiliki peran penting di dinas PU SDA Lamongan karena melaksanakan tugasnya sebagai pengoperasi dan pemeliharaan sumber daya air di Dinas PU SDA Lamongan adapun kegiatan-kegiatan yang ada dibidang OP  yaitu:

1. Mengatur operasional pengairan untuk petani. OP bertugas untuk membuka dan menutup pintu air secara primer dan sekunder selanjutnya diserahkan kepada pihak desa yang diberikan wewenang untuk pengairan untuk melanjutkan proses pengairan kepada petani-petani. Proses membuka dan menutup pintu air dilakukan secara bergiliran/bergantian.
2. Membuat Rencana Tata Tanam global (RTTG) dalam periode 1 tahun untuk petani sebelum musim taman. Selanjutnya, Rencana Tata Tanam tersebut akan diajukan untuk di tanda tangani oleh berbagai pihak diantaranya oleh Bupati, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air serta Kepala Dinas pertanian.
3. Rekomendasi Peilschaal Banjir adalah layanan yang ada di OP berupa rekomendasi pengaturan ketinggian minimal lantai bangunan yang ditentukan berdasarkan lokasi bangunan tersebut, yang bertujuan untuk mencegah air banjir meluap masuk ke dalam bangunan jika lantai terlalu rendah.
4. Pengaturan banjir dalam hal ini berkaitan dengan membuka dan menutup pintu air ketika musim hujan agar tidak terjadi kejebolan pada tanggul sehingga menyebabkan banjir.
5. Adanya inovasi dalam hal pemeliharaan aset Dinas PU SDA Lamongan berupa kegiatan pengerukkan sedimen lumpur menggunakan alat berat pada aset perairan yang dimiliki PU SDA (Gempur Seloka) dan pemeliharaan aliran air agar bisa lancar dengan cara membasmi enceng gondok menggunakan alat pencacah enceng gondok dengan cara menyusuri sungai atau waduk menggunakan perahu (Garpu Sendok).