KECAMATAN PUCUK

PENINGKATAN INDEKS LITERASI MASYARAKAT (PILM) DAN FESTIVAL KULINER


Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul untuk Indonesia Maju, Kabupaten Lamongan menggelar acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dan Festival Kuliner yang dimulai pada Hari Rabu Tanggal 28 September 2022 di depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. Pada kesempatan tersebut Kecamatan Pucuk menampilkan produk unggulan/jajanan khas Kecamatan Pucuk yaitu Rambut Nenek dari Desa Kesambi dan Kripik Singkong produksi  Bumdes Sumber Lestari Desa Sumberjo.

Literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter. Literasi yang kuat mampu mendorong manusia pada kegiatan produktif yng memberikan manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan. 

Salah satu arah pembangunan sumber daya manusia adalah penguatan budaya literasi, inovasi, kreativitas dalam mewujudkan masyarakat berpengatahuan dan berkarakter. Literasi dibangun secara integratif, holistik, tematik dan partisipatif seluruh pemangku kepentingan bangsa baik dari sisi hulu dan hilir dengan integrasi penyediaan akses bahan bacaan baik oleh pemerintah, pihak swasta, penulis, penerbit, regulasi, penganggaran dan distribusi buku, Masa Pandemi covid 19 mengubah tatanan kehidupan umat manusia secara radikal yang beragruh kuat terhadap penguatan sosial, ekonomi dan kesejahteraan umat melalui kegiatan kegemaran membaca.