BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Lantik Kepala Desa Dermolemahbang, Pak Yes Pesankan Bangun Desa menjadi Berdaya

Lamongan, Prokopim - Desa merupakan satuan pemerintahan terkecil yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Bupati Yes ketika melantik Kepala Desa terpilih di Desa Dermolemahbang pada Kamis (24/11), di Balai Desa Dermolemahbang Kecamatan Sarirejo Lamongan. Meski mengikuti pilkades pada 27 Juni lalu, diungkapkan Pak Yes alasan baru dilantiknya Amari sebagai Kades Dermolemahbang ini adalah karena masa jabatannya yang baru berakhir 24 November ini.


“Hari ini kita melantik Pak Amari sebagai Kepala Desa Dermolemahbang untuk masa jabatan 6 tahun yang akan datang. Kenapa Pak Amari sendirian dilantik? karena kemarin memang masa jabatan beliau baru berakhir hari ini, sehingga baru bisa kita laksanakan pelantikannya menyesuaikan dengan masa jabatan beliau,” jelas Pak Yes.


Diungkapkan Pak Yes, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus menekankan agar desa-desa di Lamongan terus dapat berkembang. Ditambahkan beliau, bahwa terkait infrastruktur juga terus diupayakan bersama-sama karena merupakan tanggungjawab bersama baik pemerintah daerah juga pemerintah desa.


Pak Yes mengatakan bahwa desa-desa di Kabupaten Lamongan semuanya sedang bergerak untuk maju. Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), terdapat 34 desa mandiri di tahun 2021. Pada tahun ini Lamongan menargetkan tambahan 28 desa yang dapat ditingkatkan menjadi desa mandiri, dan hingga bulan ini jumlah desa yang masuk dalam kategori desa mandiri telah melebihi target, yakni 97 desa mandiri di Kabupaten Lamongan.


Pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga berpesan kepada Kades Amari yang merupakan kades incumbent (kades lama terpilih kembali) terus semangat membangun Desa Dermolemahbang menjadi desa yang berdaya.


“Saya yakin dengan pengalaman beliau menjadi kades 6 tahun sebelumnya, pengalaman-pengalaman yang telah dilaksanakan untuk membangun desa dapat mendorong menyempurnakan apa yang kurang di tahun kemarin, dan dapat memberikan inovasi-inovasi baru bagi desa untuk dapat menjadi mandiri, maju, dan berkembang,” pesannya. (dir/prokopim)