BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Hantaru 2022, Wujudkan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Lamongan - Prokopim, Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Nasional 2022 yang jatuh pada hari ini (26/9), di Lamongan diperingati dengan melaksanakan upacara, pemberian penghargaan Satya Lencana, juga penyerahan beberapa sertifikat tanah. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang bertindak sebagai inspektur upacara, pada kesempatan tersebut menyampaikan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, yang mengajak menjadikan momen Hantaru 2022 untuk mewujudkan pelayanan terbaik bagi bangsa dan negara.


Dalam sambutan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto tersebut, juga diungkapkan bahwa capaian pendaftaran tanah sampai saat ini mencapai 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7 persen. Beliau juga mengajak untuk menyusun strategi terbaik guna pencapaian 100 persen pendaftaran tanah pada tahun 2025. 


“Saya mengingatkan pentingnya mengejar target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari” ucap Pak Yes menyampaikan sambutan Menteri Hadi Tjahjanto.


Beliau juga menyampaikan bahwa target redistribusi tanah tahun 2022 sebanyak 424.510 bidang harus menjadi perhatian khusus dan segera diselesaikan. Juga terkait mafia tanah, beliau mengajak untuk bersinergi dengan empat pilar yakni Kementerian ATR/BPN, Pemda, aparat penegak hukum, dan badan peradilan. “Semoga dengan momentum hantaru kali ini bisa kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara tercinta,” tambahnya.


Pada kesempatan tersebut, Pak Yes mengajak untuk mematuhi arahan Menteri ATR/BPN untuk mensukseskan dan melaksanakan percepatan pemenuhan PTSL. “Pada prinsipnya kami Pemkab Lamongan bersama jajaran, mengucapkan terima kasih kepada BPN yang telah bersinergi dan telah berkoordinasi dengan baik, sehingga mampu mewujudkan PTSL sebagaimana tadi yang disampaikan pada sambutan Pak Menteri, mari kita sukseskan dan kita lakukan percepatan. Alhamdulillah Lamongan bisa menyelesaikan dengan baik,” kata Pak Yes.


Kepala BPN Lamongan Eko Jauhari mengaku optimis dapat menyelesaikan PTSL Lamongan tepat pada waktunya. “Alhamdulillah tahun 2022 PTSL di Lamongan itu ada 58 ribu. Ini memang mengikuti dari kesediaan anggaran pemerintah pusat yang mana sebelumnya tahun 2021 itu 118 ribu, alhamdulillah Lamongan sukses. Nah mungkin dengan 58 ribu ini akan lebih sukses lagi karena volumenya lebih sedikit. Untuk saat ini sudah terkumpul semua sekitar 48 ribu, yang sudah terbit untuk saat ini sudah 6 ribu 8 ratus. Semoga pas nanti Desember kita bisa tuntas semua,” terangnya. (dir/prokopim)