BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Sinergi Ulama Umara untuk Lamongan Lebih Baik

Ulama maupun umara (pemerintah) memiliki peran yang sama-sama penting untuk kemajuan suatu wilayah, oleh karena itu tentu kerjasama antar keduanya sangat diperlukan. Untuk mempererat sinergi dan kerjasama, Pemerintah Kabupaten Lamongan melaksanakan silaturrahmi antar ulama dan umara se Kabupaten Lamongan pada Kamis (28/4), di Pendopo Lokatantra Lamongan.


Disampaikan Bupati Yes, bahwa tercapainya zero kasus penambahan covid-19 di Lamongan, dan hingga saat ini wilayah Lamongan keseluruhan berada pada zona hijau, tentu juga berkat campur tangan para ulama di Kabupaten Lamongan. Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa karena berada pada zona hijau tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Lamongan memperbolehkan pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri 1443 H ini untuk dilakukan di Masjid maupun lapangan terbuka, dengan tentunya tetap melaksanakan protokol kesehatan.


Pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga meminta doa dan restu dari para ulama untuk memulai implementasi RPJMD di Kabupaten Lamongan, yang didalamnya sudah termasuk implementasi perbaikan infrastruktur dan juga penanganan banjir.


"Dalam silaturahmi ulama umara pada hari ini saya meminta dan berharap agar kita terus dapat bersama-sama bergandeng tangan dalam tugas pengabdian kita ini, untuk terwujudnya Lamongan yang lebih baik, tentu dengan bidang dan tugas masing-masing. Hal seperti ini akan menjadi motivasi dan dorongan bagi kami untuk terus bekerja lebih baik," ucap Pak Yes.


Tidak hanya itu, Pak Yes juga menerima laporan keuangan dan auditor independen Baznas Kabupaten Lamongan tahun 2021, juga melakukan pembayaran zakat secara digital melalui scan QR Code/QRIS.


"Alhamdulillah terkait Baznas di Lamongan juga setiap tahun semakin baik, ini perlu diapresiasi karena adanya peningkatan kesadaran pembayaran zakat, infaq, dan shodaqoh. Alhamdulillah, tahun 2021 sudah disalurkan sesuai ketentuan," tambahnya. 


Dalam kegiatan tersebut juga hadir Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Tullab Paciran KH. Salim Azhar, untuk memberikan mauidhotul hasanah. Beliau menyampaikan bahwa antar ulama dan umara merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembangunan suatu daerah. Menurut beliau, apa yang dicapai dalam suatu wilayah adalah berkat kerjasama antara ulama dan umara.