BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Pemkab Lamongan Rutin Selenggarakan Ceramah Agama Ba’da Solat Dzuhur Selama Bulan Suci Ramadhan


Selama Bulan Suci Ramadhan 1443 H/ 2022 M, Pemerintah Kabupaten Lamongan rutin menyelenggarakan ceramah agama islam ba’da sholat dzuhur setiap hari senin dan kamis di Musholla Al Amin Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan.

Mengawali kegiatan, Senin (4/4) Wabup Abdul Rouf selaku penceramah menyampaikan tausiah bertema keutamaan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan yang turut dihadiri Bupati Yes.

Kepada jammah, Wabup Rouf mengungkapkan salah satu keutamaan bulan suci Ramadan yang diungkap dalam sabda Rasulullah SAW melalui riwayat hadits yang dikisahkan dari Abu Hurairah RA yang artinya: "Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu," (HR Bukhari dan Muslim). Melalui hadist tersebut menandakan bahwa Allah SWT sangat senang kepada para kaum muslimin yang menjalankan puasa.

“Ini bertanda bahwa Allah welcome kepada kaum muslimin. Sepertihalnya tetangga kita kalau senang kalau kita ada kegiatan. Maka pintu rumahnya juga dibuka, bahkan menawarkan yang lain, saking senangnya dengan kegiatan yang kita lakukan. Sebaliknya, Allah juga menutup semua pintu neraka dan setan-setan terbelenggu. Apa maksud dari semua ini? Tak lain adalah agar manusia yg menjalankan kegiatan ini tidak terganggu. Begitu umat islam dimanjakan Allah SWT,” imbuhnya.

Tak hanya cukup sampai disitu, lanjut Rouf, Bahkan Allah SWT memberikan doorprize kepada umat muslim berupa Lailatur Qodar atau malam 1000 bulan yang datang pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Untuk itu Rouf mengingatkan kepada jamaah agar tidak sibuk mencari malam tersebut, karena Lailatul Qodar pasti akan datang.

“Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ada 1 malam yang setara dengan ibadah 1000 bulan. Allah SWT memberikan doorprize kepada kita lailatur qodar. Subhanallah allah memberikan apresiasi yang besar. Bahkan tidak perlu dicari malam lailatur qodar itu. Tidak perlu, asalkan setiap malam kita berzdikir, beribadah, tadarus Al Quran. Pasti kita akan menjumpainya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rouf juga mengingatkan kepada jamaah agar senantiasa berdoa. Karena ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, yaitu orang yang berpuasa sewaktu ia berbuka, imam atau pemimpin yang adil dan doa dari orang yang teraniaya.