BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Waspadai Penyebaran Covid-19 Varian Omicron di Lamongan, Bupati Yes Pimpin Apel Gelar Pasukan Pamor Keris

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Kapolres AKBP Miko Indrayana dan Dandim 0812 Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf memimpin jalanya Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pamor Keris (Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat) di halaman Polres Lamongan, Senin (24/1).

Apel yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Jawa Timur itu tak lain sebagai upaya pemerintah dalam mewaspadai penyebaran Covid-19 varian omicron yang dinilai daya penularannya lima kali lebih cepat dibandingkan varian delta.

Bupati Yes dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan,  meskipun penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini masih relatif bisa dikendalikan namun tanda-tanda kenaikan angka covid sudah mulai nampak. Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 tersebut pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan seperti memberlakukan PPKM hingga memperketat pintu masuk dari luar negeri dengan melakukan screening yang ketat terhadap Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) serta menambah waktu pelaksanaan karantina bagi PPLN yang semula 5 hari menjadi 7 hari.

 

“Pemprov Jawa Timur sendiri sudah melakukan beberapa inovasi seperti monitoring karantina presisi yang diprakarsai oleh POLRI yang dinilai positif terutama untuk memantau pergerakan para PPLN. Selain itu saat ini Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya juga membentuk tim patrol bermotor “Pamor Keris” yang saat ini kita lakukan,” tutur Bupati Yes.

 

Diungkapkan lebih lanjut oleh Bupati Yes, tugas dari tim ini adalah melaksanakan patrol kesehatan sekaligus melaksanakan kegiatan dalam rangka cipta kondisi harkamtibmas dengan harapan melalui kegiatan ini penyebaran virus Covid-19 dapat dikendalikan sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan aman dan lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional.

 

Bupati Yes juga mengarahkan kepada seluruh personil yang diterjunkan untuk melaksanakan tugas secara humanis dan professional, menghindari tindakan arogan selama melaksanakan tugas edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan.

 

“Saya harapkan kehadiran tim ini betul-betul bisa memberikan manfaat yang besar dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 dan cipta kondisi harkamtibmas yang kondusif di wilayah Jawa Timur umumnya dan Kabupaten Lamongan khususnya melalui kegiatan preemtif dan preventif ini,” pungkasnya.

 

Bersama Kapolres Lamongan dan Dandim 0812, Bupati Yes turut memberangkatkan tim Pamor Keris usai memimpin Apel Gelar Pasukan Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat.