BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

HUT Ke-50 KORPRI, ASN Harus Bertransformasi

Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang diperingati seriap tanggal 29 November, merupakan momen penting bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memperkuat spirit dan patriotisme, sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Serangkaian acara untuk memperingati HUT ke-50 Korpri telah dilakukan di Kabupaten Lamongan. Puncaknya, HUT Korpri di Kabupaten Lamongan dimulai dengan ziarah taman makam pahlawan dan dilanjutkan dengan peringatan secara virtual, Senin (29/11), di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf didampingi Sekda Kab. Lamongan Moh. Nalikan hadir untuk mendengarkan instruksi Presiden Joko Widodo.

Disampaikan Presiden Jokowi, terdapat beberapa hal yang harus dipedomani oleh seluruh ASN di Indonesia. Hal yang harus dijadikan pedoman tersebut yakni, ASN harus memiliki nilai dasar yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan memegang teguh core value ASN BerAKHLAK; melakukan terobosan dan inovasi, menghindari kerumitan dan menerapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Selain itu, ASN harus membangun dan memperkokoh integritas ASN, menciptakan birokrasi yang transparan dan bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme). Juga memperkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju.

"Pengabdian setiap anggota Korpri tidak boleh berhenti. Ekspektasi masyarakat semakin tinggi, tantangan perubahan juga semakin kompleks, berbagai tantangan baru bisa muncul tanpa terduga. Menghadapi semua tantangan ini, Korpri harus terus bertransformasi memperkokoh sikap melayani menjadi abdi masyarakat, abdi negara, terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien. Terus beradaptasi dengan perkembangan IPTEK, memberi solusi dengan cepat dan jitu, sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarakat," ajak Presiden Jokowi.

Mempedomani instruksi yang disampaikan Presiden RI, Wabup Rouf mengajak semua ASN Lamongan untuk dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara dengan memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu juga bertransformasi dan bergerak menuju digital government.

"Mempedomani apa yang telah disampaikan Presiden Jokowi, kita sebagai abdi negara harus terus mengupayakan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, bertransformasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang pesat. Agar tidak tertinggal maka kita harus turut bergerak cepat, membenahi segala kekurangan,vuntuk lamongan yang sejahtera dan Indonesia yang maju," ajak Wabup Rouf.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Lamongan Moh. Nalikan mengajak untuk mengimplementasikan tema HUT Ke-50 Korpri, yakni ASN bersatu, Korpri tangguh, Indonesia maju. "Kita harapkan, momen hari Korpri ini kita kuatkan pada pemikiran kita, terhadap kinerja kita, kerja keras kita, bersama, bersatu, untuk mebangun Lamongan," tambahnya.