Juni

11

 2024

Pak Yes Ziarah Makam Ki Ageng Brondong

 prokopim
 74
 11-Juni-2024

Lamongan, Prokopim-Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama tokoh masyarakat dan kepala desa di Kecamatan Brondong melakukan ziarah ke Makam Ki Ageng Brondong di Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya, Selasa (11/6). Ziarah ini tak lain untuk mendoakan sekaligus mengambil hikmah dan spirit ketokohan Ki Ageng Brondong yang juga akan diambil sebagai nama rumah sakit di di pantura Lamongan. 


"Saya ajak para kepala desa di Kecamatan Brondong dan tokoh masyarakat ziarah ke makam Ki Ageng Brondong yang ada di Surabaya ini. Selain berdoa kita mengambil hikmah dan spirit Ki Ageng Brondong. Kebetulan kita juga akan menamai rumah sakit baru yang ada di panturan Lamongan tepatnya di Kecamatan Brondong dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ki Ageng Brondrong," ucap Pak Yes. 


Menurut Kyai Muqazin Muhammad Nur, tokoh masyarakat Brondong, Ki Ageng Brondong atau juga dikenal sebagai Sunan Botoputih bernama asli Pangeran Lanang Dangiran. Dari berbagai catatan, diduga Ia berdarah Keraton Blambangan (Banyuwangi, red). 


"Menurut cerita dongeng dari mulut ke mulut yang saya dengar sejak kecil, Pangeran Lanang Dangiran oleh orangtuanya di larungkan ke laut hingga sampai ke laut utara Lamongan. Kemudian ditemukan oleh salah satu warga desa, sebab seluruh badannya dilekati karang dan keong oleh orang tersebut di kikis hingga bunyi pletuk-pletuk seperti jagung yang dalam bahasa jawa disebut brondong, inilah yang juga menjadi cikal bakal nama Kecamatan Brondong. Hingga dengan kegigihannya bekerja, Ia diangkat sebagai Kepala Pelabuhan Majapahit di Sedayulawas, sehingga dianugerahilah nama Ki Ageng Brondong," jelasnya. 


Tentang kisah Pangeran Lanang Dangiran yang sekujur tubuhnya dipenuhi kerang kecil atau brondong, Kyai Muqazin menganggap cerita tersebut adalah folklore dan dongeng. Ia meyakini legenda tersebut merupakan kiasan perjalanan Sunan Botoputih menjadi seorang pemimpin terutama di wilayah pantura Lamongan. 


"Sekali lagi ini legenda yang diwariskan secara turun-temurun. Ada banyak versi cerita karena secara artefak tidak ditemukan. Pada intinya kita sangat terinspirasi dan mengambil hikmah dari beragam kisah Ki Ageng Brondong. Apalagi dengan akan diberikannya nama RSUD Ki Ageng Brondong yang ada di Kecamatan Brondong jelas kami sangat senang sekali," pungkasnya. (Nry)



PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023