BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Pak YES Dorong Pramuka sebagai Gerakan Kekinian

Sebagai bentuk pengembangan karakter generasi muda, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendorong agar kegiatan kepramukaan dikemas dalam wujud yang kekinian. Hal tersebut beliau sampaikan saat membuka Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lamongan 2024, Selasa (21/1), di Pendopo Lokatantra.


Bupati YES yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Lamongan berharap agar kegiatan Pramuka mampu menjadi magnet bagi generasi muda. Hal ini mengingat pentingnya gerakan pramuka dalam membentuk mental generasi yang cinta tanah air.


“Karena di dalam Pramuka mengajarkan dharma dan kekuatan mental dalam menumbuhkan karakter ke depan. Dan itu dilahirkan dari kegiatan kepramukaan. Tidak hanya bertepuk tangan, tapi memberikan skill, merangsang mereka bergerak dengan cepat, serta membentuk mental dan kesetiaan pada bangsa dan negara, juga masa depan mereka,” ungkap Pak YES.


Oleh karena itu, Bupati YES juga berpesan mengenai pentingnya kaderisasi Pramuka. Memperbanyak pelatih dan pembina serta memperbanyak kegiatan baru menjadi hal yang penting.


“Perbanyak pelatih dan pembina pramuka, buat kegiatan yang lebih fresh dan kekinian, serta kegiatan-kegiatan bersifat lincah dan menyenangkan. Sehingga membuat anak-anak muda menoleh kepada kegiatan Pramuka. Dan menjadi pilihan kegiatannya,” jelasnya.


Sebagai bentuk apresiasi sekaligus pengembangan anggota Pramuka Lamongan, Bupati YES juga akan memberikan hadiah berupa tiket untuk kunjungan ke pusat kepramukaan di negara lain.

“Kalau MTQ ada hadiah umroh, nanti saya akan memberikan hadiah Pramuka Garuda, tiket Pramuka ke luar negeri, bisa ke Singapore, Vietnam atau Kamboja. Yang jelas supaya Pramuka Garuda bisa melihat pusat kepramukaan di negara-negara tetangga. Nanti silakan diatur mekanismenya,” terangnya. 


Disampaikan oleh Ketua Kwarcab Pramuka Lamongan, Moh. Nalikan, Rakercab ini dihadiri oleh 200 orang, yang terdiri dari Pengurus dan Andalan Cabang, Ketua Kwarran dan Sekretaris, Korps Pelatih dan Panitia, Dewan Kerja Cabang, Ketua Dewan Kerja Ranting, serta Satuan Komunitas Kwarcab.


Lebih lanjut, Nalikan menjelaskan terdapat tiga hal yang akan dibahas pada rapat ini. Di antaranya adalah laporan kegiatan Kwartir Cabang Tahun 2023, sosialisasi program Kwartir Cabang tahun 2024, serta informasi - informasi penting dan terbaru tentang gerakan pramuka.