BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Siap Awasi Pemilu, Panwascam dan PKD Se-Kabupaten Lamongan Ikuti Apel

Siap Awasi Pemilu, Panwascam dan PKD Se-Kabupaten Lamongan Ikuti Apel

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengikuti Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 yang digelar oleh Bawaslu, Jumat (9/2), di Alun-Alun Lamongan. Apel yang diikuti lebih dari 200 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Lamongan ini bertujuan mengecek kesiapan sekaligus memberi pengarahan jelang pelaksanaan Pemilu.


Bupati YES mengapresiasi penyelenggaraan Apel sebagai simbol kesiapan Badan Pengawas Pemilu sekaligus bentuk sinergitas antar stakeholder. Menurutnya, Pengawasan adalah salah satu pilar penting dalam demokrasi.


"Demokrasi yang bermartabat ditandai dengan pelaksanaan Pemilu yang berkualitas jika dicermati dalam kerangka normatif, dapat dipahami bahwa salah satu pilar penting pemilu yang LUBER JURDIL adalah pengawasan," ungkapnya.


Bupati YES berpesan kepada seluruh Panitia Pengawas Pemilu agar menjadi pioner dalam internalisasi nilai integritas dan profesionalitas dalam pelaksanaan Pemilu. Hal ini demi pengawalan dan pengawasan Pemilu yang lebih baik.


"Tugas pengawasan Pemilu serentak harus dijadikan kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus sebagai nilai ibadah. Kedepankan langkah-langkah humanis dan perhatikan SOP agar dapat berjalan baik sebagaimana harapan masyarakat," tambahnya.


Bupati YES menyatakan, Lamongan sebagai Kabupaten dengan jumlah Desa terbanyak se-Jawa Timur memiliki tantangan tersendiri dalam proses pengawasan Pemilu. Meski begitu, beliau optimis karena Lamongan telah memiliki pengalaman kesuksesan dalam penyelenggaraan Pemilu.


"Jadikan sebagai bekal untuk penyelenggaraan Pemilu yang jauh lebih baik dan terus lebih baik dibandingkan sebelumnya," harap Pak YES.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Lamongan, Toni Wijaya juga turut memberikan arahan agar seluruh petugas menjalankan tugas dengan baik dan berpedoman pada Undang-Undang dan aturan yang berlaku.

"Bersikaplah tegas, adil, tidak berpihak, serta tegak lurus dalam menjalankan tugas sebagai pengawas Pemilu. Serta, jangan lupakan soliditas dan integritas," imbuhnya.


Dalam mengawasi Pemilu, Toni Wijaya menekankan agar mengutamakan pencegahan potensi pelanggaran. Tetapi, bila terjadi pelanggaran, ia berpesan agar penegakan aturan dijalankan secara adil.


Hadir pula dalam Apel, Wakil Bupati Lamongan, Sekda Lamongan, Jajaran Forkopimda, serta Camat se-Kabupaten Lamongan.